Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:54:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-18T07:25:37Z2019-01-30T07:22:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31241This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/312412016-04-18T07:25:37ZHUBUNGAN ANTARA REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SEGUGUS II KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat reinforcement, tingkat motivasi belajar matematika, dan hubungan antara reinforcement dengan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 86 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 71 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) tingkat reinforcement siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 66,20%, (2) tingkat motivasi belajar matematika siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 63,38%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara reinforcement dengan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016, yang dibuktikan dengan hasil uji korelasi yaitu nilai signifikansi hasil analisis SPSS 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05) pada taraf signifikansi 5%.
Kata kunci: reinforcement, motivasi belajar matematikaReny Dwi Wahyuni