Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:29:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-27T04:54:05Z2019-01-30T07:30:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31800This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/318002016-04-27T04:54:05ZUNJUK KERJA PASSING BAWAH BOLAVOLI SISWA KELAS V
SD NEGERI NGLERI KECAMATAN PLAYEN
GUNUNG KIDULTeridentifikasi permasalahan bahwa masih jarang siswa yang dapat
melakukan passing bawah dengan baik dan benar saat bermain bolavoli di
sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja passing bawah
bolavoli siswa kelas V SD Negeri Ngleri Kecamatan Playen Gunung Kidul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang di
gunakan adalah survei dengan teknik pengamatan dan pengukuran. Populasi
penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri Ngleri Kecamatan Playen Gunung
Kidul sejumlah 20 siswa. Instrumen penelitian adalah tes unjuk kerja teknik
passing bawah permainan bolavoli bersumber dari Dhewa Leo Pramana (2013:
32). Instrumen telah dilakukan uji validitas isi dan uji reliabilitas instrumen
dengan nilai reliabilitas antar rater sebesar 0,997. Teknik pengumpulan data
dengan teknik pengamatan dan pengukuran. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa unjuk kerja passing bawah bolavoli
siswa kelas V SD Negeri Ngleri Kecamatan Playen Gunung Kidul, untuk kategori
“baik sekali” sebanyak 2 siswa (10%); kategori “baik” sebanyak 4 siswa (20%);
kategori “sedang” sebanyak 10 siswa (50%); kategori “kurang” sebanyak 2 siswa
(10%); dan kategori “kurang sekali” sebanyak 2 siswa (10%).Wahyudi2013-02-28T03:21:56Z2019-01-29T18:30:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10187This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/101872013-02-28T03:21:56ZMODEL PERANGKAT PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN PROSES
PEMESINAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMK N 2 PENGASIH
Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan model perangkat penilaian yang sesuai dan tepat untuk mendukung pembelajaran mata diklat Pemesinan, (2) Mengetahui kelayakan perangkat penilaian yang dikembangkan untuk pembelajaran mata diklat Pemesinan, dan (3) Mengetahui reliabilitas perangkat penilaian mata diklat Pemesinan yang telah tersusun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Pengasih pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Pemesinan 1 (XI TP 1). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu instrumen pengumpulan yang berupa angket dan instrumen pengumpul data yang berupa perangkat penilaian yang dikembangkan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menganalisis validitas/kelayakan dan reliabilitas perangkat penilaian.
Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat penilaian mata diklat pemesinan yang terdiri dari 3 ranah/aspek penilaian yaitu: (a) ranah kognitif, menggunakan jenis tes pilihan ganda dan uraian; (b) psikomotorik, menggunakan jenis penilaian produk; (c) afektif, menggunakan jenis penilaian sikap sehingga perangkat penilaian ini siap untuk digunakan. (2) Hasil uji kelayakan terhadap perangkat penilaian mata diklat pemesinan yang dikembangkan menurut validator untuk materi secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 91,1 % yang berarti layak untuk digunakan, menurut validator untuk evaluasi secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 90,18 % yang berarti layak untuk digunakan. (3) Berdasarkan hasil uji coba perangkat penilaian mata diklat pemesinan standar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dapat diketahui koefisien reliabilitas perangkat penilaian aspek kognitif sebesar 0,706 untuk soal obyektif dan 0,708 untuk soal subyektif, koefisien reliabilitas perangkat penilaian aspek psikomotorik sebesar 0,715 dan koefisien reliabilitas perangkat penilaian aspek afektif sebesar 0,712. Berdasarkan besarnya koefisien reliabilitas (≥ 0,70), sehingga ketiga jenis aspek perangkat penilaian dapat disimpulkan bahwa perangkat penilaian mata diklat pemesinan kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut baik pada aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif adalah reliabel.
Wahyudi