Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:25:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-15T01:14:39Z2019-01-30T01:10:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23541This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/235412015-07-15T01:14:39ZUPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGELANGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai prestasi hasil
belajar siswa serta berbagai upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru
dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa di MAN Magelang.
Penelitian ini merupakan study kasus. Subyek penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru dan beberapa siswa yang ada diMAN Magelang. Obyek penelitian
ini adalah peran guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi hasil
belajar siswa di MAN Magelang. Setting penelitian mengambil tempat di MAN
Magelang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan
menggunakan angket, wawancara, observasi, dan study dokumentasi. Analisis
data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tehnik interaktif model,
yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1). Sekolah telah berupaya
untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa secara maksimal, hal itu terlihat
dari beberapa upaya yang dilakukan baik oleh kepala sekolah maupun guru.
Walaupun dari beberapa upaya yang telah dilakukan oleh pihak sekolah belum
nampak secara signifikan namun pihak sekolah tetap berusaha semaksimal
mungkin untuk berusaha meningkatkan prestasi hasil belajar siswa secara
maksimal sesuai yang diharapkan. (2). Prestasi hasil belajar siswa juga
dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menghambat bak dari dalam diri siswa/
internal maupun dari faktor eksternal/luar pribadi siswa. Hal ini sangat besar
pengaruhnya dalam meningkatakan upaya prestasi hasil belajar siswa. Jadi dari
faktor yang menghambat prestasi hasil belajar siswa dapat diminimalisir dengan
adanya kerja sama antara pihak sekolah dan wali murid.Utomo Wahyu Setyo-