Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:45:46ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-23T04:43:54Z2019-10-01T11:53:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35231This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/352312016-06-23T04:43:54ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
Lokasi
MAN YOGYAKARTA III
TAHUN 2015Kegiatan PPL dilaksanakan secara menyeluruh dan terpadu bagi semua
jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta, begitu pula dengan Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan
dan Konseling di sekolah merupakan salah satu kegiatan yang bersifat intrakurikurer
sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan
Konseling. Kegiatan ini mencakup pemahaman mengenai berbagai aspek
kependidikan dan pemberian berbagai bentuk layanan bimbingan yang dapat
diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan
pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan Bimbingan
dan konseling secara profesional di Sekolah.
Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada semester khusus dimulai dari tanggal 10
Agstus sampai 12 September 2015. Dengan waktu yang bisa dikatakan sebentar
membuat PPL pada periode ini lebih mengarah kepada praktik mengajar terbimbing
agar mendapatkan hasil yang optimal dalam waktu yang minimal. Keseluruhan
pelaksanaan PPL tahun ini dapat dikatakan lancar dan terlaksana dengan baik sesuai
program yang telah direncanakan.adapun keberhasilan semua itu tidak lepas dari
semua pihak. Pada akhirnya kegiatan PPL yang telah dilaksanakan sekurangkurangnya satu bulan ini benar-benar memberikan manfaat bagi praktikan.
Dalam pelaksanaan PPL kali ini, dilakukan 1 kali need assessment
menggunakan DCM, 1 kali sosiometri. Untuk kemudian dasar ini digunakan dalam 4
kali bimbingan klasikal, 1 kali konseling individual, 1 kali konseling kelompok, 1
kali bimbingan kelompok, serta 1 kali kunjungan rumah.
Hambatan dalam PPL kali ini adalah kurangnya waktu untuk melaksanakan
target baik dari pihak kampus dan juga dari pihak sekolah, sehingga layanan yang
diberikan menjadi kurang efektif. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan,
diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang
diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa
agar memiliki pengalaman nyata tentang kegiatan praktik bimbingan konseling
secara nyata yang ada di sekolah dan di harapkan menjadi pengalaman yang berguna
untuk meningkatkan pengetahuan, integeritas, dan dedikasi bagi mahasiswa di
bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2015 di MAN Yogyakarta III
memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun
lembaga sekolah.Wahyu Kurniawan Wahyu Kurniawan