Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:45:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-29T00:40:09Z2019-01-30T12:31:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45262This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/452622016-12-29T00:40:09Z[Ringkasan Skripsi] Strategi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Pemberdayaan Pasar BeringharjoWidiyanto Wahyu2016-12-29T00:38:23Z2019-01-30T12:31:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45261This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/452612016-12-29T00:38:23ZStrategi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Pemberdayaan Pasar BeringharjoWidiyanto Wahyu2015-03-16T12:57:10Z2019-01-29T18:59:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13013This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/130132015-03-16T12:57:10ZHUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN SEGUGUS DIPONEGORO KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan komunikasi efektif siswa kelas V di SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara; (2) prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara (3) hubungan antara kemampuan komunikasi efektif dengan kecepatan prestasi belajar Bahasa Indonesia, terutama siswa kelas V SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara sebanyak 137 orang siswa. Pengumpulan data untuk kemampuan komunikasi efektif diambil dengan menggunakan metode angket, angket yang berisikan 47 butir soal yang diuji validitasnya dan menggunakan skala likert. Pengambilan data prestasi belajar bahasa Indonesia menggunakan nilai rata-rata 3 kali ulangan harian. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan statistik non parametris dengan menggunakan teknik analisis data korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan komunikasi efektif tertinggi berada pada interval 152-156 sebesar 9%. (2) Siswa dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia tertinggi pada interval 85,8-90,00 sebesar 5%. (3) Terhadap hubungan antara kemampuan komunikasi efektif dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, karena terbukti secara signifikan (meyakinkan) adanya hubungan pada taraf kesalahan 5%. dengan koefisien korelasi sebesar 0,873 yaitu dengan tingkat hubungan yang sangat kuat.
Kata kunci: komunikasi efektif, prestasi belajar.Widiyanto Wahyu2013-01-29T07:13:39Z2019-01-29T18:10:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9534This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/95342013-01-29T07:13:39ZUPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI BAHASA SMA N 1 GRABAG MAGELANG DENGAN ROLLENSPIELTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) minat dan
motivasi peserta didik dalam belajar bahasa Jerman, (2) prestasi keterampilan
berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI bahasa di SMA N 1 Grabag
Magelang dengan Rollenspiel.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Strategi yang diterapkan ditentukan bersama secara kolaboratif antara
peneliti, guru, dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas
XI Bahasa SMA N 1 Grabag Magelang. Penelitian ini terdiri atas dua kali siklus.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Langkahlangkah
yang disusun dalam penelitian tindakan kelas ini adalah mengidentifikasi
masalah, menganalisis masalah, dan merumuskan pemecahan masalah. Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi
dan tahap refleksi. Masalah yang teridentifikasi yaitu (1) rendahnya minat dan
motivasi peserta didik dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman,
(2) belum digunakannya teknik pembelajaran yang variatif, (3) kesulitan
melafalkan kosakata dalam bahasa Jerman dengan intonasi yang benar, dan (4)
rendahnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tindakan yang
diambil dalam menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan
teknik pembelajaran Rollenspiel dalam pembelajaran keterampilan berbicara
bahasa Jerman di SMA N 1 Grabag Magelang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang sesuai
dengan indikator keberhasilan yaitu meningkatnya keterampilan berbicara bahasa
Jerman peserta didik dan meningkatnya keterlibatan peserta didik dalam proses
belajar mengajar. Peserta didik menjadi percaya diri dan berani berbicara
menggunakan bahasa Jerman. Peserta didik aktiv dan kreatif dalam berbicara
menggunakan bahasa Jerman. Nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa
Jerman peserta didik membaik. Kenaikan nilai tersebut sebesar 48,32% yaitu dari
8,05 sebelum diberi tindakan menjadi 11,94 setelah dilaksanakannya tindakan.Widiyanto Wahyu