Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:12:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-26T01:16:41Z2019-01-30T09:19:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33379This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/333792016-05-26T01:16:41ZPENGARUH PERILAKU INTERPERSONAL GURU DAN NILAI UJIAN
NASIONAL SMP TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1
PLERET BANTULPENGARUH PERILAKU INTERPERSONAL GURU DAN NILAI UJIAN
NASIONAL SMP TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1
PLERET BANTUL
Oleh
Wahyu Wijayanto
08501241018
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengetahui pengaruh perilaku
interpersonal guru terhadap efikasi diri akademik, (2) Mengetahui pengaruh nilai
ujian nasional (UN) terhadap efikasi diri akademik, (3) Mengetahui pengaruh
perilaku interpersonal guru dan nilai ujian nasional (UN) terhadap efikasi diri
akademik.
Penelitian ini merupakan penilitian expost facto. Populasi penelitian adalah
semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 1
Pleret Bantul sebanyak 92 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 92 karena
jumlah populasi diibawah 100 orang. Data dikumpulkan dengan angket dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi dan regresi.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan
perilaku interpersonal guru terhadap efikasi diri akademik dengan taraf
signifikansi 0.001% dan sumbangan pengaruh sebesar 11,4%, (2) terdapat
pengaruh positif dan signifikan nilai UN SMP terhadap efikasi diri akademik
dengan taraf signifikansi 0.000% dan sumbangan pengaruh sebesar 20.2%, (3)
terdapat pengaruh positif perilaku interpersonal guru dan nilai UN SMP Terhadap
efikasi diri akademik dengan nilai nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel
(19.033>3.097), signifikansi kurang dari 5% (0.000<0.05) dan memiliki
sumbangan efektif terhadap efikasi diri akademik sebesar 30%, dari 30%
tersebut perilaku interpersonal guru menyumbang 11.0239% dan nilai UN SMP
menyumbang 18.9329%.
Kata kunci : Perilaku Interpersonal Guru, Nilai UN SMP dan efikasi diri akademikWijayanto Wahyu2016-01-22T02:05:54Z2019-01-30T06:04:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29239This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/292392016-01-22T02:05:54ZPENGARUH PERILAKU INTERPERSONAL GURU DAN NILAI UJIAN
NASIONAL SMP TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1
PLERET BANTULPENGARUH PERILAKU INTERPERSONAL GURU DAN NILAI UJIAN
NASIONAL SMP TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1
PLERET BANTUL
Oleh
Wahyu Wijayanto
08501241018
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengetahui pengaruh perilaku
interpersonal guru terhadap efikasi diri akademik, (2) Mengetahui pengaruh nilai
ujian nasional (UN) terhadap efikasi diri akademik, (3) Mengetahui pengaruh
perilaku interpersonal guru dan nilai ujian nasional (UN) terhadap efikasi diri
akademik.
Penelitian ini merupakan penilitian expost facto. Populasi penelitian adalah
semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 1
Pleret Bantul sebanyak 92 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 92 karena
jumlah populasi diibawah 100 orang. Data dikumpulkan dengan angket dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi dan regresi.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan
perilaku interpersonal guru terhadap efikasi diri akademik dengan taraf
signifikansi 0.001% dan sumbangan pengaruh sebesar 11,4%, (2) terdapat
pengaruh positif dan signifikan nilai UN SMP terhadap efikasi diri akademik
dengan taraf signifikansi 0.000% dan sumbangan pengaruh sebesar 20.2%, (3)
terdapat pengaruh positif perilaku interpersonal guru dan nilai UN SMP Terhadap
efikasi diri akademik dengan nilai nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel
(19.033>3.097), signifikansi kurang dari 5% (0.000<0.05) dan memiliki
sumbangan efektif terhadap efikasi diri akademik sebesar 30%, dari 30%
tersebut perilaku interpersonal guru menyumbang 11.0239% dan nilai UN SMP
menyumbang 18.9329%.
Kata kunci : Perilaku Interpersonal Guru, Nilai UN SMP dan efikasi diri akademikWijayanto Wahyu2015-04-27T04:31:51Z2019-01-29T21:43:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17596This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/175962015-04-27T04:31:51ZTINGKAT KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MINI
SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WANAKARSA KECAMATAN
WANADADI TAHUN 2012/2013Siswa kelas V di SD Negeri 1 Wanakarsa Kecamatan Wanadadi dalam
proses pembelajaran bolavoli masih mengalami kesulitan. Dengan melihat
keadaan tersebut, maka perlu untuk mengadakan suatu penelitian di SD Negeri I
Wanakarsa, berkaitan dengan tingkat keterampilan passing bawah pada
permainan bolavoli mini siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
keterampilan passing bawah bolavoli mini siswa kelas V SD Negeri 1 Wanakarsa
Kecamatan Wanadadi Tahun 2012/ 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan
metode survei. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SD
Negeri 1 Wanakarsa Kecamatan Wanadadi sebanyak 30 anak, yang terdiri atas 18
siswa putra dan 12 siswa putri. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan
passing bawah bolavoli dari Suharto (1999: 7-9). Untuk menganalisis data
digunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan, tingkat keterampilan
passing bawah bolavoli mini siswa kelas V SD Negeri 1 Wanakarsa Kecamatan
Wanadadi sebagian besar berkategori kurang sekali sebanyak 25 anak (83,3 %),
diikuti kategori kurang sebanyak 5 anak (16,7 %) dan tidak ada (0%) yang masuk
kategori baik sekali, baik, dan sedang.
Kata Kunci : keterampilan passing bawah bolavoli, kelas V, SD Negeri 1
WanakarsaWijayanto Wahyu