Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:19:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-11T01:31:11Z2019-01-30T11:16:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42179This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/421792016-10-11T01:31:11ZPENGEMBANGAN SOFTWARE PEMBELAJARAN MANDIRI
PADA TOPIK STRUKTUR KOMPOSIT DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK
SIPIL DAN PERENCANAAN FT UNYPENGEMBANGAN SOFTWARE PEMBELAJARAN MANDIRI
PADA TOPIK STRUKTUR KOMPOSIT DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK
SIPIL DAN PERENCANAAN FT UNY
Oleh:
Wahyu Budhi Utomo
NIM 12505242002
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui proses
mengembangkan comstruct sebagai software pembelajaran mandiri pada topik
struktur komposit; (2) mengetahui tingkat kelayakan comstruct sebagai software
untuk alat bantu pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit oleh tenaga
ahli (expert judgment); (3) mengetahui tingkat kelayakan comstruct sebagai
software untuk bahan pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit oleh
mahasiswa dalam skala terbatas dan skala kecil.
Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE. Ada lima tahapan dalam model
pengembangan ini, diantarannya: (1) Analysis, menganalisa kebutuhan dan
sasaran dalam pengembangan media; (2) Design, membuat desain awal media
pembelajaran; (3) Development, mengembangkan desain menjadi produk yaitu
software pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit; (4)
Implementation,menguji cobakan media pembelajaran terhadap mahasiswa; (5)
Evaluation, mengevaluasi hasil dari media pembelajaran yang telah diuji
cobakan. Pada tahap Implementation, media diuji coba melalui dua tahap, yaitu
uji coba pada skala terbatas sebanyak 5 (lima) mahasiswa dan uji coba pada
skala kecil sebanyak 20 (dua puluh) mahasiswa. Uji coba dilakukan
menggunakan angket dan dianalisis dengan berdasarkan skala linkert.
Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa software pembelajaran
mandiri pada topik struktur komposit yang dikembangkan dengan model
pengembangan ADDIE serta tingkat kelayakan oleh tenaga ahli dan mahasiswa.
Kelayakan software pembelajaran mandiri berdasarkan penilaian oleh tenaga ahli
dinyatakan layak dimana ahli media memberi skor persentase kelayakan
sebesar 79% dan ahli materi memberi skor persentase kelayakan sebesar 60%.
Sedangkan hasil uji coba pada mahasiswa dinyatakan layak dengan dengan skor
persentase kelayakan total sebesar 71% pada mahasiswa dalam skala terbatas
dan skor persentase kelayakan total sebesar 66% pada mahasiswa dalam skala
kecil. Dari hasil penilaian tenaga ahli dan mahasiswa dinyatakan bahwa software
pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit layak digunakan.
Kata kunci: software pembelajaran mandiri, struktur komposit, ADDIEBudhi Utomo Wahyu