Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:18:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2014-05-13T07:52:08Z2019-05-08T15:15:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11075This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/110752014-05-13T07:52:08ZKeefektifan Metode Diskusi Kelompok dan Bermain Peran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Mahasiswa Thammasat University, ThailandPermasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya keefektifan metode diskusi kelompok dan bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa Thammasat University, Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan penerapan metode diskusi kelompok, (2) keefektifan penerapan metode bermain peran, (3) metode pembelajaran manakah yang lebih efektif antara metode diskusi kelompok dan bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa di Thammasat University, Thailand.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan kajian Asia Tenggara di Thammasat University yang mengambil mata kuliah pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Thammasat University yang mengambil mata kuliah pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing yang belajar bahasa Indonesia di kelas dasar. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar penilaian performansi keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen diperiksa melalui teknik interrater. Data kemudian dianalisis menggunakan Independent Sample Test dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa Thammasat University, Thailand dengan nilai Sig. 0.011 ≤ 0.05; dan (2) Metode bermain peran efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa Thammasat University, Thailand dengan nilai Sig. 0.000 ≤ 0.05; dan (3) Metode diskusi kelompok dan metode bermain peran sama-sama efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa Thammasat University, Thailand dengan nilai Sig. 0.091≥ 0.05. Secara statistik tidak ada perbedaan keefektifan antara metode diskusi kelompok dengan metode bermain peran. Namun, secara deskriptif kenaikan dari nilai prates ke nilai pascates pada metode bermain peran lebih tinggi daripada metode diskusi kelompok. Jadi, metode bermain peran lebih efektif daripada metode diskusi kelompok untuk meningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa Thammasat University, Thailand.Wandah Waenawae