Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:45:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-16T09:04:02Z2019-10-01T12:05:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39988This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/399882016-08-16T09:04:02ZLAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
SMK NEGERI 3 KLATENPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang
dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan
calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk
(1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan
manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan
kompetensi keguruan atau kependidikan. (2) memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau
lembaga, baik yang terkait atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan
manajerial kelembagaan. (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk
menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara
interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan. (4)
memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi
atas dasar kekuatan sendiri. (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY
dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait.
Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi
hingga pelaksanaan PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan,
analisis hasil, dan kesimpulan. Dalam praktik mengajar (PPL) praktikan mengampu 2
mata pelajaran yaitu Dasar Teknologi Menjahit dan Dasar Pola untuk kelas X BB 3.
Alokasi waktu jam pelajaran dalam satu minggu adalah 11 jam (@ 40 menit) yang
terbagi dalam 2 x pertemuan (7 jam pelajaran) untuk mata pelajaran Dasar Teknologi
Menjahit dan 1 x pertemuan untuk mata pelajaran Dasar Pola. Hasil kegiatan ini
adalah terlaksananya program kerja PPL yang telah direncanakan.
Kesimpulan dari kegiatan PPL ini adalah (1) PPL adalah suatu sarana bagi
mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta untuk dapat menerapkan langsung ilmu
yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan program studi atau konsentrasi masingmasing.
(2) PPL adalah sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman yang tidak
diperoleh di bangku kuliah. Dengan terjun ke lapangan maka kita akan berhadapan
langsung kepada masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di sekolah,
baik itu mengenai manajemen pendidikan dan akan menuju proses pencarian jati diri
mahasiswa yang melaksanakan PPL tersebut. (3) PPL akan menjadikan mahasiswa
untuk dapat mendalami proses belajar mengajar secara langsung, menumbuhkan rasa
tanggung jawab, dan profesionalisme yang tinggi sebagai calon pendidik dan
pengajar. (4) PPL menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran,
tugas, dan tanggung jawab sekolah secara nyata. Semua itu mempunyai tujuan yang
sama meskipun mempunyai bidang kerja atau gerak yang berbeda. Tujuan yang
dimaksud adalah berhasilnya proses belajar mengajar yang ditentukan sebelumnya.
(5) Keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsur utama yaitu guru
dan murid yang ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung.Vita Febri Wijayanti Vita Febri Wijayanti