Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:33:03ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-25T01:19:45Z2019-01-30T11:28:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42733This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/427332016-10-25T01:19:45ZEFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN
KOMPETENSI PEMASANGAN INSTALASI TENAGA LISTRIK 3 FASA PADA
SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN
SMKN 2 YOGYAKARTATujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui:(1) gambaran metode
discovery learning dengan menggunakan media pembelajaran media interakif
untuk meningkatkan kompetensi siswa, (2) perbedaan hasil kompetensi ditinjau
dari aspek kognitif, psikomotorik dan afektif pada kompetensi siswa, (3)
efektitivitas metode pembelajaran discovery learning menggunakan media
pembelajaran media interaktif flash untuk meningkatkan kompetensi siswa.
Penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik
Ketenagalistrikan di SMKN 2 Yogyakarta berjumlah 60 siswa. Validitas
instrument dilakukan dengan expert judgement, uji validitas dengan product
moment, dan uji realibilitas dengan spearman brown. Validitas penelitian ini
dengan validitas internal dan eksternal. Analisis data dalam penelitian ini dengan
analisis deskriptif dan uji-t.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) sebagian siswa (56,667%) dan
sebagian kecil siswa lainnya (26,667%) termasuk kategori baik pada kompetensi
hasil belajar dengan metode discovery learning menggunakan media
pembelajaran interaktif flash ditinjau pada aspek afektif, sebagian kecil siswa
(50,000%) termasuk kategori baik dan sebagian kecil lainnya (23,333%)
termasuk kategori sangat baik pada kompetensi hasil belajar dengan metode
discovery learning menggunakan media pembelajaran interaktif flash ditinjau
pada aspek kognitif, sedangkan sebagian kecil siswa (40,000%) termasuk
kategori baik dan sebagian kecil lainya (33,333%) termasuk kategori sangat baik
pada kompetensi hasil belajar dengan metode discovery learning menggunakan
media pembelajaran interaktif flash ditinjau pada aspek psikomotorik; (2) terdapat
perbedaan kompetensi pada metode discovery learning menggunakan media
pembelajaran media interaktif flash dengan metode konvensional ditinjau dari
aspek afektif, kognitif dan psikomotorik dengan nilai thitung dimana setiap masingmasing
aspek sebesar 7,277 dan nilai signifikansi 0,000, 3,058 dan nilai
signikansi 0,000, dan 10,902 dengan signifikansi 0,000; (3) adanya afektivitas
metode discovery learning menggunakan media pembelajaran interaktif flash
dengan nilai thitung sebesar -9,735 dengan signifikansi 0,000.
Kata kunci: Efektivitas, Kompetensi, Metode discovery learning, pemasangan
instalasi tenaga listrik tiga fasa.Nuriana Vita2015-07-08T01:39:37Z2019-01-30T00:52:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22898This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/228982015-07-08T01:39:37ZEFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN
KOMPETENSI PEMASANGAN INSTALASI TENAGA LISTRIK 3 FASA PADA
SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN
SMKN 2 YOGYAKARTAEFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN
KOMPETENSI PEMASANGAN INSTALASI TENAGA LISTRIK 3 FASA PADA
SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN
SMKN 2 YOGYAKARTA
Oleh:
Vita Nuriana
NIM. 10501241003
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui:(1) gambaran metode
discovery learning dengan menggunakan media pembelajaran media interakif
untuk meningkatkan kompetensi siswa, (2) perbedaan hasil kompetensi ditinjau
dari aspek kognitif, psikomotorik dan afektif pada kompetensi siswa, (3)
efektitivitas metode pembelajaran discovery learning menggunakan media
pembelajaran media interaktif flash untuk meningkatkan kompetensi siswa.
Penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik
Ketenagalistrikan di SMKN 2 Yogyakarta berjumlah 60 siswa. Validitas
instrument dilakukan dengan expert judgement, uji validitas dengan product
moment, dan uji realibilitas dengan spearman brown. Validitas penelitian ini
dengan validitas internal dan eksternal. Analisis data dalam penelitian ini dengan
analisis deskriptif dan uji-t.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) sebagian siswa (56,667%) dan
sebagian kecil siswa lainnya (26,667%) termasuk kategori baik pada kompetensi
hasil belajar dengan metode discovery learning menggunakan media
pembelajaran interaktif flash ditinjau pada aspek afektif, sebagian kecil siswa
(50,000%) termasuk kategori baik dan sebagian kecil lainnya (23,333%)
termasuk kategori sangat baik pada kompetensi hasil belajar dengan metode
discovery learning menggunakan media pembelajaran interaktif flash ditinjau
pada aspek kognitif, sedangkan sebagian kecil siswa (40,000%) termasuk
kategori baik dan sebagian kecil lainya (33,333%) termasuk kategori sangat baik
pada kompetensi hasil belajar dengan metode discovery learning menggunakan
media pembelajaran interaktif flash ditinjau pada aspek psikomotorik; (2) terdapat
perbedaan kompetensi pada metode discovery learning menggunakan media
pembelajaran media interaktif flash dengan metode konvensional ditinjau dari
aspek afektif, kognitif dan psikomotorik dengan nilai thitung dimana setiap masingmasing
aspek sebesar 7,277 dan nilai signifikansi 0,000, 3,058 dan nilai
signikansi 0,000, dan 10,902 dengan signifikansi 0,000; (3) adanya afektivitas
metode discovery learning menggunakan media pembelajaran interaktif flash
dengan nilai thitung sebesar -9,735 dengan signifikansi 0,000.
Kata kunci: Efektivitas, Kompetensi, Metode discovery learning, pemasangan
instalasi tenaga listrik tiga fasa.Nuriana Vita