Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:25:03ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-26T01:38:50Z2019-10-01T12:05:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37517This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/375172016-07-26T01:38:50ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SMP NEGERI 2 WATES
Jl. KH Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon ProgoPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu dari mata kuliah yang
wajib ditempuh bagi mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.
Berlokasi di Jl. KH Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon progo, PPL dimulai
tanggal 2 Juli 2014 dan berakhir 15 September 2014. Tujuan dari kegiatan PPL
adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang
profesional dan cakap di bidangnya.
Proses kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa
mengalami suatu hambatan yang berarti. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL
adalah meningkatkan kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan
keterampilan yang telah diperoleh di bangku kuliah sekaligus memperluas wawasan
dan pengalaman tentang kegiatan pendidikan dan kegiatan lain yang menunjang
kelancaran proses belajar-mengajar di sekolah. Sebagai upaya peningkatan kualitas
dan profesionilitas tenaga pengajar, kegiatan PPL perlu ditingkatkan dengan
membina hubungan baik antar lembaga pendidikan yang terkait.
Mahasiswa mendapatkan banyak hal dari PPL di SMP N 2 Wates, terutama
mendapatkan pengalaman nyata berupa kemampuan mengajar di dalam kelas,
pengalaman pembuatan perangkat pembelajaran, pengalaman pelaksanaan evaluasi
pembelajaran, pengalaman mengelola kelas dengan karakter siswa yang berbeda,
pengalaman menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait misalnya dengan
bapak/ibu guru serta karyawan sekolah. Selama kegiatan PPL berlangsung, tidak ada
kendala-kendala yang berarti. Dalam pelaksanaan PPL, ada beberapa hal yang perlu
ditingkatkan demi keberlangsungan jalannya kegiatan PPL diantaranya sarana dan
prasarana pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan mengajar perlu
ditambahkan baik kualitas maupun kuantitas, alat-alat praktikum perlu ditambahkan
agar tujuan dari pembelajaran bisa terpenuhi dengan baik. Komunikasi atau informasi
dari LPPMP perlu dimaksimalkan lagi sehingga informasi bisa sampai dengan baik
ke mahasiswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2014 telah terlaksana
dengan baik. Keberlangsungan pelaksanaan program PPL ini tidak lepas dari adanya
kerjasama dari berbagai pihak baik LPPM, sekolah, mahasiswa, maupun sisa SMPN
2 Wates.Vina Fitriana Vina Fitriana