Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:18:26ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-12T06:34:24Z2019-10-01T11:53:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36169This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/361692016-07-12T06:34:24ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
LOKASI:
Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS)
Yogyakarta
Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten SlemanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon
pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki
bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. PPL di
BBPPKS Yogyakarta ini dilaksanakan mulai dari proses penerjunan yaitu pada
tanggal 11 Agustus hingga penarikan pada tanggal 11 September 2015. Pendidikan
Luar Sekolah (PLS) adalah jurusan yang menghasilkan tenaga akademis yang
dituntut mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masyarakat,
mendesain, mengelola, mengembangkan, mengevaluasi serta mengendalikan mutu
program. Oleh karena itu, salah satu kegiatan PPL PLS relevan dengan program yang
ada di BBPKS. Seperti program setting lembaga dan setting masyarakat yang ada di
bidang Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial. Selain itu, adanya program di bidang
penyelenggara diklat yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki mahasiswa PLS.
Berdasarkan kompetensi mahasiswa PLS dan program yang ada di instalasi
laboratorium pekerja sosial maka penulis melakukan kegiatan desain bimbingan
teknis dan manajemen diklat. Kegiatan desain bimbingan teknis untuk program
setting masyarakat diawali dengan pembuatan instrumen Training Need Assement
(TNA) kemudian pelaksanaan TNA di Desa Srimartani, Piyungan, Bantul. Setelah
diperoleh data dari kegiatan TNA dilakukan analisis terhadap masalah, sumber dan
potensi. Sehingga dari analisis, penulis merancang desain kurikulum sesuai dengan
hasil analisis kebutuhan untuk menjadi pedoman dalam kegiatan bimbingan teknis
yang akan dilakukan.
Dalam kegiatan penyelenggaraan diklat penulis dilibatkan dalam tiga bagian
penyelenggaraan yaitu panitia, pendamping kelas dan Co-Fasilitator. Penulis
diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan diklat. Dengan demikian,
dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam dan
luas tentang dunia kerja di Pendidikan Luar Sekolah. Sehingga mahasiswa menjadi
semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi kePLS-an yang dimiliki.Vernando Viky Fandi Vernando Viky Fandi