Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:15:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-30T05:00:04Z2019-10-01T11:53:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35721This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/357212016-06-30T05:00:04ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015
SMP NEGERI 3 DEPOK SLEMANPPL dalam pengertiannya Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata
kuliah yang wajid ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan di
Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa
agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan
manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan
kompetensi keguruan atau kependidikan.
Tujuan lain penulis melaksanakan PPL di SMP Negeri 3 Depok adalah
memberi kesempatan pada penulis untuk mempelajari, mengenal dan menghayati
permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan
keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar
dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna
pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan.
Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan
pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan
pada tanggal 28 Februari 2015. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro
teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam
mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL
dimulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Dalam praktik
mengajar, praktikan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VIII dengan jumlah
mengajar sebanyak 13 kali pertemuan.
Dalam pelaksanaannya, praktikan juga mengalami kendala, diantaranya adalah
peserta didik yang kurang fokus selama pembelajaran berlangsung, dan sering merasa
bosan ketika belajar ilmu pengetahuan sosial. Tetapi kendala tersebut dapat diatasi
dengan cara pemutaran video, film, maupun gambar-gambar yang dapat menarik
perhatian siswa kembali. Selain itu, praktikan menggunakan metode-metode yang
menyenangkan. Antara lain team quiz, kunjung karya, diskusi terproyek, talking stick,
serta ceramah bervariasi. Praktikan juga senantiasa konsultasi dengan guru
pembimbing untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya.
Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ini dapat
memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di
bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan
mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran,
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan,
dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat
meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang
terkait. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa
SMP Negeri 3 Depok rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang tinggi. Mereka
cukup aktif dan memiliki motivasi untuk terus belajar.Vera Aprilia Vera Aprilia