Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:46:50ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-19T00:53:49Z2019-01-30T04:03:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27100This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/271002015-10-19T00:53:49ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK
MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN
SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III
DI SD NEGERI POGUNG KIDULPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa saat
diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik
make a match pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis n
Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III di SD Negeri Pogung
Kidul yang berjumlah 25 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes (pre test dan post test), metode observasi dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan
dalam penelitian ini adalah jika ada 75% atau lebih dari jumlah siswa yang sudah
tuntas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran
IPS yaitu 71.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I pada pre test jumlah siswa
yang tuntas ada tiga siswa, jika dipersentasekan adalah 12 % dari jumlah siswa
dengan nilai rata-rata 48,8. Kemudian, pada post test jumlah siswa yang tuntas
ada 18 siswa, jika dipersentasekan adalah 72% dari jumlah siswa dengan nilai
rata-rata 76,0. Persentase peningkatan pre test ke post test pada siklus I adalah
60%. Pada siklus II, hasil pre test menunjukkan jumlah siswa yang tuntas ada dua
siswa, jika dipersentasekan adalah 8 % dari jumlah siswa dengan nilai rata-rata
47,8. Kemudian, pada post test menunjukkan jumlah siswa yang tuntas adalah 25
siswa, jika dipersentasekan adalah 100% dari jumlah siswa dengan nilai rata-rata
85,2. Persentase peningkatan pre test ke post test pada siklus II adalah 92%. Dari
hasil beberapa analisis tersebut, maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan
pemahaman siswa pada mata pelajaran IPSVawziyyah Vawziyyah