Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:07:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-18T01:41:06Z2019-01-30T10:28:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39851This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/398512016-08-18T01:41:06ZUPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR DAN KEBERANIAN
SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI METODE
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER
(NHT) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS XB3 JURUSAN
TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil upaya meningkatkan
partisipasi belajar dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat melalui
metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada
mata pelajaran gambar teknik kelas XB3 jurusan teknik kendaraan ringan SMK
Perindustrian Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action
research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas XB3 semester
genap di SMK Perindustrian Yogyakarta tahun akademik 2015/2016 yang
berjumlah 32 siswa. Penelitan ini dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus
dilakuan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunaan lembar observasi partisipasi belajar siswa
danlembar observasi keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat. Metode
yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran
kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan partisipasi belajar dan keberanian siswa
dalam mengungkapkan pendapat pada mata pelajaran gambar teknik kelas XB3
jurusan teknik kendaraan ringan SMK Perindustrian Yogyakarta. Hal tersebut
dapat dilihat dari adanya peningkatan partisipasi belajar dan keberanian siswa
dalam mengungkapkan pendapat pada setiap siklusnya, pada pertemuan
observasi pra tindakan rata-rata persentase partisipasi belajar sebesar 58,47%
dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat sebesar 51,73%,
kemudian dilakukan refleksi dan perencanaan untuk pertemuan berikutnya.Pada
pertemuan siklus I, rata-rata persentase partisipasi belajar meningkat menjadi
77,83% dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat meningkat
menjadi 69,22% kemudian dilakukan refleksi dan perencanaan untuk pertemuan
berikutnya. Pada pertemuan siklus II, rata-rata persentase partisipasi belajar
meningkat menjadi 88,72% dan keberanian siswa dalam mengungkapkan
pendapat meningkat menjadi 85,92%.
Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), partisipasi belajar, keberanian siswa
dalam mengungkapkan pendapat.Romadi Priwijaya Utomi