Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:48:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-30T06:55:59Z2019-01-30T09:48:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35777This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/357772016-06-30T06:55:59ZUPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN BIOLA DENGAN MENGGUNAKAN IRINGAN MIDI DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa bermain biola di SDIT Luqman Hakim Internasional dengan menggunakan media iringan berupa MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Latar belakang penelitian ini dilaksanakan mengingat masih ada siswa yang lemah dalam hal kestabilan tempo, ketepatan nada, dan kemampuan membaca ketika siswa belajar biola secara berkelompok.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas dua siklus. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc.Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler biola sebanyak 9 siswa. Data diperoleh dengan tes praktik, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif melalui kajian data reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Validitas data yang digunakan adalah validitas hasil, validitas proses, validitas katalistik, dan validitas demokratik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media iringan MIDI dapat meningkatkan kemampuan bermain biola siswa SDIT Luqman Hakim Internasional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat rata-rata dari hasil evaluasi praktik bermain biola. Rata-rata yang diperoleh adalah Pra Siklus 55,1; Siklus I 72; Siklus II 75,05. Siswa berhasil mencapai KKM melebihi target kelulusan yaitu 100% (target 90%) sehingga penelitian ini terselesaikan.puput Utami