Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:24:46ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-01-17T02:26:31Z2019-05-09T09:12:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62453This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/624532019-01-17T02:26:31ZEvaluasi Kinerja Guru Bahasa Inggris di SMKN Sekabupaten
Kulon Progo.Evaluasi ini bertujuan untuk (1) mengetahui sejauh mana kompetensi
pedagogik dan kompetensi profesional guru mata pelajaran bahasa inggris di
SMKN dan (2) melihat kompetensi apa dari kedua kompetensi guru yaitu
kompetensi pedagogik dan melihat kompetensi profesional guru bahasa inggris
yang masih lemah dan belum sesuai harapan dari kebijakan yang ada.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model
evaluasi Kesenjangan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 9 guru mata pelajaran
bahasa inggris di SMKN sekabupaten kulon progo. Teknik pengumpulan data
yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan instrumen observasi,
wawancara dan dokumentasi.Instrumen lembar observasi divalidasi dengan
teknik expert judgment dan validasi isi gregory, sedangkan reliabilitasnya
diestimasi menggunakan konsistensi antar rater (interrater reliability). Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) kompetensi pedagogik guru
bahasa inggris di SMKN sekabupaten kulonprogo secara umum masuk kedalam
kategori baik dengan perolehan skor yaitu 9 atau 64.2%. Kompetensi profesional
guru bahasa inggris di SMKN sekabupaten kulonprogo dapat dikategorikan cukup
baik sebab memenuhi beberapa komponen kompetensi profesional. (2)
Kompetensi profesional guru bahasa inggris di SMKN sekabupaten kulon progo
termasuk lemah dibandingkan dengan kompetensi pedagogik sebab belum
terpenuhinya seluruh komponen yang ada dalam kompetensi profesional dengan
baik.Yeni Utami