Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:05:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-11-21T04:24:17Z2019-11-21T04:24:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66740This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/667402019-11-21T04:24:17ZPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Terhadap Keterampilan Generik dan Pemahaman Konsep Kimia Peserta Didik
SMAPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan keterampilan
generik dan pemahaman konsep, keterampilan generik, pemahaman konsep antara
peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dan
model 5M; (2) persentase sumbangan model inkuiri terbimbing terhadap
keterampilan generik dan pemahaman konsep, keterampilan generik, pemahaman
konsep antara peserta didik; (3) perbedaan profil keterampilan generik antara
peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dan
model 5M; (4) profil keterampilan generik peserta didik yang mengikuti
pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing untuk setiap indikator.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain
posttest-only. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 5 Yogyakarta kelas XI IPA
semester gasal tahun ajaran 2018/2019 pada materi pokok kesetimbangan kimia.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI IPA yang setara
dengan SMA N 5 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Random Sampling. Kelas eksperimen menerapkan model inkuiri terbimbing dan
kelas kontrol menerapkan model 5M. Instrumen yang digunakan meliputi lembar
observasi keterampilan generik, dan tes pemahaman konsep. Uji Manova
digunakan untuk menganalisis perbedaan keterampilan generik dan pemahaman
konsep peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol. Test of between Subject
Effect digunakan untuk menganalisis perbedaan pada masing-masing variabel
terikat pada kelas eksperimen dan kontrol. Partial eta squared digunakan untuk
menganalisis persentase sumbangan model inkuiri terbimbing terhadap variabel
terikat. Profil dan kategori keterampilan generik dianalisis dengan deskriptif
kulitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan
dari keterampilan generik dan pemahaman konsep, keterampilan generik,
pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan
model inkuiri terbimbing dan model 5M; (2) persentase sumbangan model inkuiri
terbimbing terhadap keterampilan generik dan pemahaman konsep 9,6%,
keterampilan generik 6%, pemahaman konsep 5,8%; (3) profil keterampilan
generik peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model inkuiri
terbimbing lebih baik dibandingkan dengan model 5 M; (4) profil keterampilan
generik peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model inkuiri
terbimbing untuk setiap indikator menunjukkan kategori sangat baik dan baik.
Kata kunci: model pembelajaran, inkuiri terbimbing, 5M, keterampilan generik,
dan pemahaman konsep.Retno Prapti UtamiEli Rohaetirohaetieli@yahoo.com