Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:48:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-02-26T04:19:05Z2019-01-30T16:01:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55801This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/558012018-02-26T04:19:05ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM
NIELS BOHR DENGAN ILUSTRASI 3 DIMENSI (3D) BERBASIS
ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED
REALITY UNTUK SMA/MAPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan; (1)
mengembangkan media pembelajaran kimia di SMA/MA berbasis Android dengan
teknologi 3D Augmented Reality pada materi struktur atom Niels Bohr yang berkualitas
sesuai dengan kriteria yang ditentukan; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran
kimia di SMA/MA berbasis Android dengan teknologi 3D Augmented Reality pada
materi struktur atom Niels Bohr.
Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk awal divalidasi oleh ahli
media dan ahli materi sebagai bahan unutk revisi pertama. Masukan dari para ahli
dijadikan bahan revisi produk sebelum di review oleh guru dan diuji cobakan terbatas
kepada siswa. Data yang diperoleh dari guru merupakan data kualitas produk yang
dikembangkan, sedangkan penilaian dari peserta didik merupakan tanggapan mengenai
media pembelajaran yang dikembangkan Pengubahan data hasil penilaian dari nilai yang
berbentuk kualitatif menjadi berbentuk kuantitatif berdasarkan skala Likert, kemudian
dibuat tabulasi data skor yang sudah diperoleh dan dilakukan analisis berdasarkan kriteria
kategori penilaian ideal.
Hasil pengembangan ini berupa kartu Unsur berilustrasi 3 Dimensi (3D) dengan
Teknologi Augmented Reality. Berdasarkan hasil reviewer, media pembelajaran yang
dibuat termasuk kategori kualitas sangat baik (SB). Berdasarkan tanggapan dari peserta
didik sebagai subjek uji terbatas yaitu semua peserta didik setuju bahwa media
pembelajaran memiliki kualitas yang sangat baik apabila digunakan sebagai media
pembelajaran materi Struktur Atom Niels Bohr.Ika Putri Utami