Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:44:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-03T07:07:47Z2019-01-30T07:43:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32245This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/322452016-05-03T07:07:47ZPENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE
TECHNOLOGY SOCIETY AND METHODS PADA KETERCAPAIAN
KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMPLatar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran IPA masih berpusat pada
guru dan hasil belajar IPA ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik kurang
optimal sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya: (1)
pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada
hasil belajar kognitif siswa kelas 8 SMP 2 Depok, (2) pengaruh pembelajaran
berbasis science technology society and methods pada hasil belajar afektif siswa
kelas 8 SMP 2 Depok, (3) pengaruh pembelajaran berbasis science technology
society and methods pada hasil belajar psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok,
dan (4) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods
pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan pretestposttest
nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah
127 siswa kelas VIII SMP N 2 Depok. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 8 D
sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran science
technology society and methods dan 8 C sebagai kelas kontrol yang menggunakan
model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran science technology
society and methods, (2) soal pretest-posttest, (3) lembar observasi sikap ilmiah,
dan (4) lembar observasi practical skills. Untuk mengetahui adanya pengaruh
pembelajaran berbasis science technology society and methods terhadap kognitif,
afektif, dan psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok digunakan uji manova.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis
science technology society and methods pada hasil belajar kognitif sebesar 5,7 %
dengan nilai signifikansi 0,028 dan nilai F sebesar 4,153; (2) terdapat pengaruh
pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar
afektif sebesar 28,0 % dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai F sebesar 20,237;
(3) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and
methods pada hasil belajar psikomotorik sebesar 30,4 % dengan nilai signifikansi
0,000 dan nilai F sebesar 22,698; (4) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis
science technology society and methods pada hasil belajar kognitif, afektif, dan
psikomotorik siswa sebesar 21,37% dengan nilai signifikansi 0,000 dan F sebesar
6,579.
Kata kunci: science technology society and methods, kognitif, afektif,
psikomotorikFidiah Pamrih Utami