Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:16:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-11-04T04:18:37Z2019-01-30T05:15:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27954This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/279542015-11-04T04:18:37ZPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS V SD N 1 SEKARSULI KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTULPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sekarsuli melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sekarsuli yang berjumlah 19 siswa. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sekarsuli melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pada pratindakan, hanya 7 siswa (36,84%) yang memperoleh nilai ≥70. Pada siklus I sebanyak 15 siswa (78,95%) telah memperoleh nilai ≥70. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa naik menjadi 94,74% atau 18 siswa memperoleh nilai ≥70. Secara keseluruhan peningkatan hasil belajar IPS siswa juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebelum tindakan sebesar 64,21, meningkat menjadi 78,94 pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,42 pada akhir siklus II.
Kata kunci: hasil belajar, IPS SD, model Problem Based LearningDyah Tri Putri Utami