Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:57:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-01-14T04:04:18Z2019-05-09T09:11:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62404This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/624042019-01-14T04:04:18ZAnalisis Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kabupaten Bantul.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui besarnya persentase mis-
konsepsi kesetimbangan kimia pada peserta didik kelas XI SMA Negeri di
Kabupaten Bantul yang memiliki level berbeda (tinggi, sedang, rendah); (2)
mengetahui besarnya persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada
materi pokok kesetimbangan kimia, ditinjau dari sub-materi Kesetimbangan
dinamis, Pergeseran kesetimbangan, Hubungan kuantitatif antar komponen dalam
reaksi kesetimbangan dan Kesetimbangan kimia dalam proses industri; (3)
menentukan solusi secara deskriptif argumentatif berdasarkan kajian teoritik
terhadap miskonsepsi yang terj adi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Analisis data yang
dilakukan pada penelitian ini bersifat kuantitatif, yaitu penyajian hasil penelitian
berupa persentase yang dihitung dengan teknik analisis sesuai dengan rumus yang
digunakan. Penelitian ini menggambarkan persentase banyaknya peserta didik
yang mengalami miskonsepsi berdasarkan data pola respon jawaban peserta didik
terhadap instrumen yang berupa 20 butir soal pilihan ganda dua tingkat. Data
kuantitatif yang diperoleh dari analisis jawaban peserta didik diperkuat oleh data
kualitatif hasil wawancara.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Miskonsepsi peserta didik
Kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Bantul pada level tinggi, sedang, dan rendah
berlurut-turut sebesar 40,640 , 35,94yo, dan 32,79o/o. (2) Persentase peserta didik
yang mengalami miskonsepsi pada empat sub-materi (Kesetimbangan dinamis,
Pergeseran kesetimbangan, Hubungan kuantitatif antar komponen dalam reaksi
kesetimbangan dan Kesetimbangan kimia dalam proses industri) berturut-turut
adalah sebanyak 30,06%o; 36,75Yo; 40,69Yo; dan 38,42Yo. (3) Solusi yang dapat
dilakukan untuk mengurangi terjadinya miskonsepsi yaitu dengan pembelajaran
yang menekankan kongep perbedaan reaksi reversible dan irreversible,
kesetimbangan dinamis, dan hubungan kuantitatif antar komponen dalam reaksi
kesetimbangan melalui penggunaan media menarik dan menghubungkan konsep
kimia dalam kehidupan sehari-hari.Dita Putri Utami2015-06-12T04:54:17Z2019-01-29T23:30:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20451This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/204512015-06-12T04:54:17ZPENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PEMBUATAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN
BERBASIS LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR KIMIA
UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XDita Putri Utami