Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:13:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-10-25T06:29:55Z2019-10-25T06:29:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66384This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/663842019-10-25T06:29:55ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP
HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 NGAWENPenelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran
Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di SMK N 1 Ngawen. (2) Untuk
mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Project Based Learning
terhadap keaktifan belajar dalam mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan
Ringan di SMK N 1 Ngawen.
Pada penelitian ini merupakan quasi eksperiment atau penelitian eksperimen semu
dengan desain penelitian pretest-posttest Control Group Design.. Kelompok terbagi
menjadi dua yaitu kelompok eksperimen yang di terapkan model pembelajaran project
based learning dan kelompok kontrol yang di terapkan model pembelajaran
konvensional dengan metode ceramah sebagai pembanding. Instrumen pengumpulan
data berupa lembar observasi dan tes. Uji analisis untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar dan
keaktifan siswa menggunakan uji analisis independent sample T-test dan analisis
deskriptif untuk menggambarkan data hasil belajar dan keaktifan belajar.
Hasil penelitian menunjukan hasil uji independent sample t-test pada hasil belajar
akhir atau post-test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,964 > 1,670 . maka Ho ditolak
dan Ha diterima. Nilai signifikansi hasil post-test 0.004 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha
diterima.hal ini berarti menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
hasil post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Lalu hasil uji independent sample
t-test pada keaktifan siswa pertemuan kedua diperoleh hasil bahwa t hitung > t tabel
yaitu 5,543 > 1,670 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi t 0.00 < 0,05,
maka Ho ditolak dan Ha diterima., Hal ini berarti menyatakan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan keaktifan siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen..
Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project
based learning terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas XI jurusan teknik
kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Ngawen.Kiki Okta Dwi Utama