Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:38:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2020-09-24T09:09:34Z2020-09-24T09:09:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69038This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/690382020-09-24T09:09:34ZKETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik keterlaksanaan pembelajaran renang di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul tahun ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 24 guru. Teknik sampling menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, yang telah diujicobakan dengan validitas sebesar 0,875 dan reliabilitas sebesar 0,988. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran renang di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul tahun ajaran 2019/2020 berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0,00% (0 guru), “kurang” sebesar 0,00% (0 guru), “cukup” sebesar 4,17% (1 guru), “baik” sebesar 54,17% (13 guru), dan “sangat baik” sebesar 41,66% (10 guru). Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 127,08, dalam kategori “sangat baik”.Untara Untara