Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:35:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-10T02:52:42Z2019-01-30T11:16:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42142This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/421422016-10-10T02:52:42ZPEMBELAJARAN BINA DIRI MANDI PADA ANAK AUTIS DI SLB
AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran
secara rinci mengenai pembelajaran bina diri mandi pada anak autis di SLB
Autisma Dian Amanah Yogyakarta yang meliputi persiapan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan faktor penghambat dalam
pembelajaran bina diri mandi.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak autis kelas V SDLB di SLB Autisma
Dian Amanah dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik
deskriptif kualitatif. Langkah-langkah dalam analisis data melalui 3 tahapan yaitu
reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi dengan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persiapan pembelajaran bina diri
mandi meliputi guru mengasesmen anak, menentukan program dan menyusun
RPP. 2) pelaksanaan pembelajaran bina diri mandi melalui 3 tahapan: a)
pendahuluan: guru mengkondisikan siswa, memberi apersepsi dan menyampaikan
materi dengan singkat, lugas dan jelas. b) kegiatan inti: guru menyampaikan
materi mandi, fungsi mandi, peralatan dan tahap-tahapan mandi dengan
menggunakan metode ceramah dan metode simulasi. Setelah itu mengajak dan
membimbing siswa masuk kamar mandi. Selanjutnya guru menginstruksikan dan
membimbing siswa untuk mandi sesuai tahapan-tahapan mandi. Apabila dalam 3
kali instruksi siswa tidak mampu melaksanakan, maka guru memberikan prompt
atau bantuan. c) penutup: guru meminta siswa mengembalikan peralatan,
menjemur handuk dan membimbing siswa untuk kembali ke kelas, lalu
mengevaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan. 3) Evaluasi pembelajaran
bina diri mandi pada anak autis meliputi evaluasi tes dan non tes. 4) Faktor
penghambat dalam pembelajaran bina diri mandi meliputi faktor internal yaitu
anak tergolong autis yang berat, mempunyai kemampuan berbicara dan
berkomunikasi belum baik dan faktor eksternal yaitu dukungan keluarga yang
kurang karena selalu melayani dan memanjakan anak di rumah.Sholihah Ummu