Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:59:46ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-11-26T01:24:16Z2019-01-30T05:39:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28513This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/285132015-11-26T01:24:16ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI
METODE PENGALIRAN IMAJI BERBANTUAN MEDIA PUISI
PADA SISWA KELAS X.I SMA NEGERI 11 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
menulis cerpen pada siswa kelas X.I SMA Negeri 11 Yogyakarta melalui metode
pengaliran imaji berbantuan media puisi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas X.I SMA Negeri 11 Yogyakarta berjumlah 31 orang. Penelitian
difokuskan pada peningkatan proses dan hasil menulis cerpen melalui metode
pengaliran imaji berbantuan media puisi pada siswa kelas X.I SMA Negeri 11
Yogyakarta. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya
terdapat empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Data diperoleh melalui tes menulis cerpen, pengamatan, wawancara, catatan
lapangan, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan
untuk data kualitatif yang berupa hasil wawancara, catatan lapangan, dan
dokumentasi tugas siswa. Teknik kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang
diperoleh melalui hasil pengamatan, pengisian angket, dan hasil penilaian menulis
cerpen siswa sebelum dan setelah dilakukan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan
metode pengaliran imaji berbantuan media puisi pada siswa kelas X.I SMA Negeri 11
Yogyakarta dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan
proses ditunjukkan dengan peningkatan sikap siswa yang positif selama pembelajaran
menulis cerpen. Hal ini dibuktikan dengan sikap siswa yang serius, aktif, dan antusias
selama pembelajaran. Peningkatan hasil ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-
rata cerpen siswa. Skor rata-rata siswa pada pratindakan, siklus I, dan siklus II adalah
70.12, 74.94, dan 81.46. Dengan demikian, keterampilan menulis cerpen siswa telah
mengalami peningkatan, baik pada kualitas proses maupun kualitas hasil
pembelajaran setelah dilakukan tindakan melalui metode pengaliran imaji berbantuan
media puisi.Desi Umi Nurany