Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:58:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-09T07:32:53Z2019-01-29T23:20:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20202This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/202022015-06-09T07:32:53ZMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN
MEDIA JOBSHEET PADA MATA DIKLAT MEMBUAT BUSANA WANITA
DI SMK NEGERI 6 PURWOREJOMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN
MEDIA JOBSHEET PADA MATA DIKLAT MEMBUAT BUSANA WANITA
DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO
Oleh:
Umi Marfu’ah
NIM. 06513241008
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD yang efektif dan efisien dengan bantuan
media jobsheet untuk meningkatkan hasil belajar membuat pola jas wanita di
SMK Negeri 6 Purworejo, 2) peningkatan hasil belajar membuat pola jas wanita
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan
media jobsheet di SMK Negeri 6 Purworejo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan
Mc Taggart yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian berjumlah 32 siswa pada kelas XII Busana Butik 2 SMK Negeri
6 Purworejo. Teknik pengambilan data melalui lembar observasi, lembar unjuk
kerja, tes, angket, dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para
ahli (expert judgment). Hasil validasi menunjukkan bahwa model dan media yang
digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas tes
menggunakan rumus KR-20, sedangkan untuk lembar penilaian unjuk kerja dan
angket menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data dilakukan dengan
analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD yang efektif dan efisien dengan bantuan media jobsheet
dapat meningkatkan hasil belajar membuat pola jas wanita. Rata-rata
keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I dari pendapat observer mencapai 84%,
pada siklus II meningkat menjadi 100%, 2) hasil belajar siswa mengalami
peningkatan yaitu rata-rata kelas pada pra siklus dari 68,8 menjadi 75,1 pada
siklus I dan meningkat kembali sebesar 83,3 pada siklus II. Berdasarkan KKM,
siswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebanyak 17 siswa atau 53,1%, pada
siklus I meningkat menjadi 24 siswa (75%), dan kembali meningkat menjadi
100% atau 32 siswa pada siklus II. Uraian di atas menunjukkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media jobsheet dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membuat pola jas wanita.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD,Marfu’ah Umi