Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:56:10ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-08-30T13:28:59Z2019-01-29T04:02:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4668This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46682012-08-30T13:28:59ZCerita Anak Pada Majalah Tk Islam: Analisis Tema dan Pesan
Moral serta Kontribusi Nilai Cerita pada Pembelajaran Anak TK.Umar Sidik: Cerita Anak Pada Majalah Tk Islam: Analisis Tema dan Pesan
Moral serta Kontribusi Nilai Cerita pada Pembelajaran Anak TK. Tesis.
Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.
Penelitian ini membahas bentuk penyajian cerita yang terdapat pada
majalah TK Islam, tema dan pesan moralnya, serta kontribusi cerita dalam
pembelajaran di TK Islam. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk
mendeskripsikan (1) bentuk penyajian cerita, (2) tema dan pesan moral cerita, dan
(3) kontribusi cerita dalam pembelajaran di TK Islam.
Populasi penelitian ialah cerita yang terdapat pada majalah-majalah TK
Islam. Adapun sampel yang dipilih adalah cerita yang ada dalam empat majalah
TK Islam, yaitu Nabila, Raudhotul Athfal, Sahabat Muslim, dan Tunas Taqwa.
Penyampelan dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling dengan
menetapkan 66 cerita sebagai proyek penelitiannya. Pengkajian dilakukan dengan
menggunakan pendekatan intrinsik, yaitu melalui pembacaan secara mikroskopi
(close reading) terhadap cerita; dan pendekatan fungsi, yaitu dengan menekankan
telaahnya pada nilai-nilai yang dapat berkontribusi dalam pembelajaran di TK
Islam. Analisis dilakukan dengan cara pembandingan antarteks, pembuatan
kategori, penyajian tabulasi data dan deskripsi verbal. Langkah itu dilanjutkan
dengan pembuatan inferensi, yaitu suatu pemahaman secara mendalam,
pembandingan satu dengan lainnya, dan pembuatan kesimpulan.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini ada tiga hal pokok sebagai berikut.
Pertama, cerita yang terdapat pada majalah TK Islam ada dua bentuk, yaitu cerita
berbentuk narasi dan komik strip. Kedua, tema dan pesan moral yang terkandung
di dalam cerita anak pada majalah TK Islam sangat bervariasi, yaitu ada 50 tema
pokok dan 20 jenis pesan moral. Ketiga, terdapat 11 nilai cerita yang dapat
berkontribusi dalam pembelajaran di TK, yaitu nilai pengembangan emosi,
intelektual, imajinasi dan fantasi, sosial, etis dan religius, eksplorasi atau
penemuan, bahasa, rasa keindahan, dan penanaman wawasan multikultural,
penanaman kebiasaan membaca, serta penanaman nilai kepribadian.Sidik Umar