Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:43:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2022-12-06T08:49:34Z2022-12-06T08:49:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75530This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/755302022-12-06T08:49:34ZPengaruh Tipe Dua Tinggal Dua Tamu dan Berpikir Berpasangan Berbagi terhadap Motivasi belajar dan Sikap Kerja Sama Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Gugus V SentoloPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tipe pembelajaran
two stay two stray terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus
V Sentolo, (2) pengaruh tipe pembelajaran think pair sahre terhadap motivasi
belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo, (3) perbedaan motivasi
belajar siswa antara kelas yang menerapkan tipe pembelajaran two stay two stray
dan think pair share, (4) pengaruh tipe pembelajaran two stay two stray terhadap
sikap kerja sama siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo, (5) pengaruh
tipe think pair share terhadap sikap kerjasama siswa kelas V sekolah dasar di
gugus V Sentolo, (6) perbedaan sikap kerja sama siswa antara kelas yang
menerapkan tipe pembelajaran two stay two stray dan think pair share
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen
dengan desain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian
merupakan siswa kelas 5 dari dua sekolah dasar, yaitu kelas V SD N Pergiwatu
sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas V A SD N Srikayangan sebagai kelas
eksperimen 2. Pengumpulan data menggunakan skala yang telah diuji validittas
dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan paired sample t-test dan
independent sampel t-test, dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan penerapan tipe pembelajaran TSTS terhadap motivasi belajar siswa
kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo dengan nilai thitung 7,435 dan sig.
0,000<0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan tipe
pembelajaran TPS terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus
V Sentolo dengan nilai thitung 6, 436 dan sig. 0,000<0,05; (3) tidak terdapat
perbedaan yang positif dan signifikan pada motivasi belajar siswa antara kelas
yang menerapkan tipe pembelajaran TSTS dan TPS dengan nilai thitung 0,019 dan
sig. 0,985>0,05; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan tipe
pembelajaran TSTS terhadap sikap kerja sama siswa kelas V sekolah dasar di
gugus V Sentolo dengan nilai thitung 14,812 dan sig. 0,000<0,05; (5) terdapat
pengaruh positif dan signifikan penerapan tipe pembelajaran TPS terhadap sikap
kerja sama siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo dengan nilai thitung
8,834 dan sig. 0,000<0,05; (6) tidak terdapat perbedaan yang positif dan
signifikan pada sikap kerja sama siswa antara kelas yang menerapkan tipe
pembelajaran TSTS dan TPS dengan nilai thitung 0,240 dan sig. 0,812>0,05.Ulin Nuskhi Muti’ah Ulin Nuskhi Muti’ah2017-03-13T04:41:24Z2019-10-01T11:42:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47891This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/478912017-03-13T04:41:24ZLAPORAN AKHIR
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SD NEGERI 1 SEKARSULIProgram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 merupakan program yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai perkuliahan lapangan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru sekolah dasar. Melalui kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung mengenai profesi guru di sekolah dasar diantaranya yaitu pengelolaan kelas, pembelajaran di kelas secara langsung, administrasi sekolah dasar, dan menghadapi permasalahan di lingkungan sekolah dasar. Salah satu sekolah dasar yang ditunjuk oleh UNY sebagai lokasi pelaksanaan PPL semester khusus tahun 2016 yaitu SD N 1 Sekarsuli. PPL yang dilaksanakan di SD N 1 Sekarsuli dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016.
Secara umum pelaksanaan PPL di SD N 1 Sekarsuli dapat dikatakan berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari program mengajar dan program non-mengajar. Program mengajar dibagi menjadi tiga jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 27 Juli 2016, 9 Agustus 2016, 25 Agustus 2016, 8 September 2016 pelaksanaan praktik mengajar mandiri dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 2 Agustus 2016, 19 Agustus 2016, 23 Agustus 2016, dan 3 September 2016 dan ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 14 dan 16 September 2016. Masing-masing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi dengan mata pelajaran eksakta dan non-eksakta. Masing-masing program mengajar dijabarkan menjadi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi kegiatan observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil pelaksanaan di lapangan, kegiatan PPL di SD Negeri 1 mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari di bangku kuliah ke dalam proses pembelajaran di sekolah secara langsung.Ulin Nuskhi Muti’ah Ulin Nuskhi Muti’ah2017-02-28T03:21:50Z2019-10-01T11:42:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47545This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/475452017-02-28T03:21:50ZLAPORAN AKHIR
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SD NEGERI 1 SEKARSULI
KOTA YOGYAKARTAProgram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 merupakan program yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai perkuliahan lapangan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru sekolah dasar. Melalui kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung mengenai profesi guru di sekolah dasar diantaranya yaitu pengelolaan kelas, pembelajaran di kelas secara langsung, administrasi sekolah dasar, dan menghadapi permasalahan di lingkungan sekolah dasar. Salah satu sekolah dasar yang ditunjuk oleh UNY sebagai lokasi pelaksanaan PPL semester khusus tahun 2016 yaitu SD N 1 Sekarsuli. PPL yang dilaksanakan di SD N 1 Sekarsuli dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016.
Secara umum pelaksanaan PPL di SD N 1 Sekarsuli dapat dikatakan berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari program mengajar dan program non-mengajar. Program mengajar dibagi menjadi tiga jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 27 Juli 2016, 9 Agustus 2016, 25 Agustus 2016, 8 September 2016 pelaksanaan praktik mengajar mandiri dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 2 Agustus 2016, 19 Agustus 2016, 23 Agustus 2016, dan 3 September 2016 dan ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 14 dan 16 September 2016. Masing-masing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi dengan mata pelajaran eksakta dan non-eksakta. Masing-masing program mengajar dijabarkan menjadi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi kegiatan observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil pelaksanaan di lapangan, kegiatan PPL di SD Negeri 1 mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari di bangku kuliah ke dalam proses pembelajaran di sekolah secara langsung.Ulin Nuskhi Muti’ah Ulin Nuskhi Muti’ah