Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:51:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-10T03:30:34Z2019-01-30T07:48:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32456This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/324562016-05-10T03:30:34ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
DENGAN NEWSPAPER TERHADAP KREATIVITAS DAN
HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK
KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAHLatar belakang penelitian ini yaitu model pembelajaran yang digunakan
dalam pembelajaran IPA masih bersifat konvensional dengan metode ceramah
dan tanya jawab sehingga guru belum inovatif dalam menyajikan permasalahan
secara autentik dan hasil kreativitas serta hasil belajar kognitif IPA belum optimal
sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya: (1) pengaruh
model pembelajaran problem based learning dengan newspaper terhadap
kreativitas peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah dan (2) pengaruh model
pembelajaran problem based learning dengan newspaper terhadap hasil belajar
kognitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretestposttest
nonequivalent
control
grup design. Populasi pada penelitian ini sejumlah
128 peserta didik kelas VIII SMP N 2 Berbah. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas
VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran
problem based learning dengan newspaper dan VIII B sebagai kelas kontrol yang
menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah (1) lembar keterlaksanaan pembelajaran problem
based learning dengan newspaper, (2) lembar observasi kreativitas, dan (3) soal
pretest dan posttest. Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran
problem based learning dengan newspaper terhadap kreativitas dan hasil belajar
kognitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah digunakan uji t
menggunakan program PASW SPSS 18.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pembelajaran
menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan newspaper
terhadap kreativitas peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah sebesar 25,0%
dengan nilai signifikansi 0,000; (2) terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan
model pembelajaran problem based learning dengan newspaper terhadap hasil
belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah sebesar 45,0%
dengan nilai signifikansi 0,015.
Kata kunci: problem based learning, newspaper, kreativitas, kognitifHasna Ulfiani