Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:22:03ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-04T06:49:05Z2019-10-01T12:05:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38777This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/387772016-08-04T06:49:05ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI:
SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Jl. A.M. Sangaji No. 47 Yogyakarta
14 Juli – 17 September 2014Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib
lulus yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah PPL
mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang
mendukung berlangsungnya pembelajaran. Mata kuliah ini diharapkan dapat
memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman
belajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang
diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian,
tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah.
Praktik Pengalaman Lapangan ini dilasanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta
Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih
kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa
dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah
yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan
kegiatan praPPL yaitu melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran
tentang aktifitas dan keadaan fisik sekolah.
Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan mengajar selama 24 jam dalam
seminggu sebanyak 6 kelas. Dengan jumlah siswa sebanyak 189 orang siswa.
Praktikan mengajar 3 kelas X TGB pada mata pelajaran Simulasi Digital dengan total
6 jam pelajaran per minggu dan 3 kelas XI TGB pada mata pelajaran Gambar
Bangunan Perangkat Lunak dengan total 18 jam pelajaran per minggu.
Secara keseluruhan, program-program kegiatan PPL yang telah direncanakan
berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatanhambatan
yang timbul namun masih dapat untuk diatasi. Hambatan tersebut
misalnya, terdapat beberapa siswa yang masih sulit untuk dikendalikan, banyak siswa
yang mengeluh dengan kurikulum 2013 dimana waktu pelajaran di sekolah
diperpanjang, kurang siapnya siswa dalam menerima pelajaran di sekolah sehingga
banyak siswa yang kurang aktif. Namun dalam hal ini pratikan selalu berusaha untuk
mengatasi hambatan tersebut agar pembelajaran tetap berlangsung dengan baik.
Setiap proses dan hal-hal lainnya yang dilalui selama kegiatan PPL ini menjadi
pengetahuan dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk menerapkan dan
mengimplementasikan keilmuan maupun pengalaman di dunia kerja, khususnya di
bidang kependidikan.Uka Nurrahman Uka Nurrahman