Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:29:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-02-22T03:35:45Z2019-01-30T15:59:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55738This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/557382018-02-22T03:35:45ZPENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP
PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI
KELAS XII IPS MAN 4 BANTUL DENGAN MOTIVASI BELAJAR
SEBAGAI VARIABEL INTERVENINGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keterampilan
mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh keterampilan
mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, (3) pengaruh motivasi belajar
siswa terhadap prestasi belajar siswa, dan (4) pengaruh keterampilan mengajar
guru terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MAN 4 Bantul
yang berjumlah 62 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif,
analisis inferensial, dan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh
keterampilan mengajar terhadap prestasi belajar, (2) terdapat pengaruh
keterampilan mengajar sebesar 57,6% terhadap motivasi belajar, (3) tidak
terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan (4) tidak
terdapat pengaruh keterampilan mengajar terhadap prestasi belajar melalui
motivasi belajar.ANNISA KUSUMA UTAMI