Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:48:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-21T03:08:06Z2019-10-01T11:53:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31552This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/315522016-04-21T03:08:06ZLAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SD NEGERI NGOTO SEWON BANTUL YOGYAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2015/2016Praktik Pengalaman Lapangan merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan
kompetensi mahasiswa dalam mengajar sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan.
Kegiatan PPL ini dapat memberikan kesempatan mahasiswa untuk menerapkan ilmu, teori, dan
keterampilan yang telah didapatkan selama di perguruan tinggi.Praktik Pengalaman Lapangan
tahun ajaran 2015/2016 dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12
September 2015.Adapun tempat untuk PPL adalah SD Negeri Ngoto Sewon yang beralamat di
jalan . Imogiri Barat Km 7, Sewon, Bantul, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta.
Kegiatan PPL dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan mengajar, dan
evaluasi kegiatan serta tindak lanjutnya.Pada tahap persiapan, praktikan melakukan observasi
yang dilanjutkan dengan pembuatan jadwal mengajar dan pembagian guru pamong atau guru
pembimbing.Pada tahap pelaksanaan, praktikan diwajibkan melakukan praktik mengajar
sebanyak 6 kali dengan rincian yaitu: praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali (4B, 3B,
5B, 2B), praktik mengajar mandiri sebanyak satu kali (6B), dan praktik ujian mengajar sebanyak
satu kali (3A). Masing-masing praktik mengajar diharuskan mencakup materi eksak dan noneksak.
Pelaksanaan praktik mengajar di SD Negeri Ngoto Sewon menggunakan kurikulum
tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada proses pembelajarannya.
Kendala yang dihadapi dalam kegiatan praktik mengajar adalah pengkondisian siswa dan
cara mengetahui pencapaian belajar siswa pada awal mengajar. Hal ini kemudian diselesaikan
dengan cara belajar tentang metode untuk mengkondisikan siswa dan sering berkomunikasi
dengan wali kelas terkait pencapaian belajar siswa. Kendala lainnya adalah ketersedian media
yang terbatas.Hal tersebut dikarenakan siswa membutuhkan media nyata untuk memudahkan
dirinya memahami materi.Solusi dari kendala tersebut adalah dengan memanfaatkan lingkungan
sekolah dan benda-benda di sekitar siswa semaksimal mungkin untuk dijadikan media
pembelajaran.Hasil yang diperoleh selama kegiatan PPL ini diharapkan dapat membuat
mahasiswa lebih menghayati, mampu mempraktikkan, dan mengembangkan kompetensinya
sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, diharapkan dapat memberikan
kesadaran kepada mahasiswa akan adanya tanggung jawab yang besar sebagai pendidik generasi
bangsa.URBANUS URBANUS