Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:00:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-04-11T03:20:09Z2019-10-01T11:41:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48625This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/486252017-04-11T03:20:09ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III merupakan langkah strategis
yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mengajar mahasiswa calon tenaga
kependidikan. PPL mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran
maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PPL ini diharapan
dapat memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan
pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan
keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan
masalah. Dengan adanya PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya
di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian
mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat
menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional.
Program kegiatan mahasiswa PPL di SMK Negeri 1 Sewon meliputi kegiatan
mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar merupakan kegiatan yang berkaitan
dengan pembelajaran antara lain: observasi, konsultasi dengan dosen/guru
pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan
media pembelajaran, membuat evaluasi pembelajaran, dan praktik mengajar
terbimbing. Sedangkan kegiatan non mengajar/ tambahan adalah kegiatan yang
berkaitan di luar
pembelajaran antara lain: membantu kegiatan, membantu kegiatan sekolah, piket
pagi/piket guru, upacara bendera, adiwiyata, dan penyusunan laporan PPL. Rencana
kegiatan mengajar mahasiswa PPL sebanyak 216 jam dan rencana kegiatan non
mengajar sebanyak 52 jam
Hasil pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Sewon adalah dapat terlaksananya
kegiatan sebanyak 268 jam, dengan rincian kegiatan mengajar sebanyak 216 jam,
kegiatan non mengajar/ tambahan sebanyak 52 jam. Dengan terlaksananya kegiatan
PPL ini mahasiswa memperoleh pengalaman, wawasan, dan pengembangan dalam
mengajar, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan
dalam memecahkan masalah di kelas. Serta mendapat pengalaman tentang perangkat
administrasi guru.Trisna Rahayu Trisna Rahayu