Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:06:10ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-17T09:01:47Z2019-01-30T11:21:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42419This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/424192016-10-17T09:01:47ZPeningkatan Kompetensi Keterampilan Menyulam Melalui Pembelajaran
Dengan Media Job Sheet Pada Siswa Tunagrahita Ringan
Kelas XI SMA Luar Biasa Negeri 1 YogyakartaPeningkatan Kompetensi Keterampilan Menyulam Melalui Pembelajaran
Dengan Media Job Sheet Pada Siswa Tunagrahita Ringan
Kelas XI SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta
Disusun Oleh
Tri Ida Dewi Lestari
08513242003
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan
menyulam dengan media job sheet pada pada siswa tunagrahita ringan kelas XI SMA LB Negeri
1 Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan kompetensi keterampilan
menyulam melalui pembelajaran dengan media job sheet pada siswa tunagrahita ringan kelas XI
SMA LB Negeri 1 Yogyakarta.(3) Pendapat siswa tunagrahita ringan tentang pelaksanaan
penggunaan media job sheet keterampilan menyulam di SLB Negeri 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis
dan Taggart dengan empat tahapan yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3)
Pengamatan, (4) Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa tunagrahita ringan kelas XI SMA
LB. Penelitian ini dilaksanakan melalui kolaborasi dengan guru mata pelajaran keterampilan
menyulam di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Sedangkan instrumen
penelitiannya yaitu lembar observasi, catatan lapangan, lembar pedoman wawancara dan tes
unjuk kerja. Uji validitas instrumen kelayakan media job sheet, lembar observasi, lembar
pedoman wawancara dan penilaian unjuk kerja dilakukan judgment exspert. Sedangkan uji
reliabilitas menggunakan antar rater. Hasil reliabilitas lembar penilaian unjuk kerja rata-rata
rating dari ketiga orang rater diperoleh xx' r = 0,917. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan
menyulam dengan media job sheet dilaksanakan melalui 4 tahap sebagai berikut: (a)
Perencanaan meliputi silabus, RPP, lembar observasi, media job sheet, lembar penilaian unjuk
kerja dan lembar pedoman wawancara. (b) Pelaksanaan, pada tahap ini peneliti berkolaborasi
dengan guru melaksanakan tindakan dengan media job sheet. (c) Observasi, pada tahap ini
peneliti beserta guru melakukan observasi pada setiap siklus untuk mengetahui pemanfaatan
media job sheet. (d) Refleksi, pada tahap ini peneliti beserta guru mendiskusikan hasil tindakan
untuk mengetahui perlu tidaknya diadakan tindakan perbaikan. 2) Kompetensi keterampilan
menyulam melalui pembelajaran dengan media job sheet pada siswa tunagrahita ringan kelas XI
SMA LB Negeri 1 Yogyakarta pada pra siklus siswa yang berkategori tuntas sebesar 25%,
sedangkan pada siklus I siswa yang berkategori tuntas meningkat menjadi 75% dan pada siklus
II siswa yang berkategori tuntas suda 100%. 3) Pendapat siswa tunagrahita ringan kelas XI SMA
LB Negeri 1 Yogyakarta tentang penggunaan media job sheet keterampilan menyulam
menunjukkan bahwa siswa yang berkategori cukup mudah sebanyak 1 orang (25%) dan pada
kategori mudah sebanyak 3 orang (75%) sedangkan pada kategori tidak mudah 0 orang(0%).
Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi, Sulaman Bebas, Media Job Sheet, Siswa
Tunagrahita Ringan.Dewi Lestari Tri Ida