Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:30:04ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-13T08:15:48Z2019-10-01T11:41:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47911This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/479112017-03-13T08:15:48ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )
SMP NEGERI 3 SEWONProgram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMP N 3 SEWON beralamat di Dusun Kali putih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul dan berlangsung dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan dan praktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2016, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 27 Februari 2016, kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 18 Juli - 15 September 2016 yaitu praktik mengajar di kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pendidikan Bahasa Daerah.Tri Astuti Tri Astuti2017-02-22T08:01:11Z2019-10-01T11:41:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47365This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/473652017-02-22T08:01:11ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL
Jl. Imogiri Barat Km. 7, Sewon, Bantul, YogyakartaPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa UNY yang mengmbil konsentrasi kependidikan terutama mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. PPL disiapkan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mengajar dan mengetahui kondisi pendidikan di lapangan melalui praktik mengajar di lembaga.
PPL dilasaksanakan mulai pada tanggal 15 Juli- 15 September 2016 di lembaga SKB Bantul. Program Kerja di SKB Bantul sangatlah komplek, yaitu terdiri dari Kursus Tata Boga, Kursus Tata Rias, Kursus Menjahit, Kursus Hantaran, Kursus Otomotif, PAUD Terpadu Prima Sanggar (TK,KB, TPA), Pendidikan dan Pelatihan guru Paud, Pendidikan dan pelatihan Tutor Kesetaraan, Program Kesetaraan Paket C dan program Kesetaraan paket B dll. Dalam PPL ini mahasiswa melakukan praktik mengajar minimal 8 kali mengajar.1 kali mengajar di program PAUD Terpadu dan 7 kali dapat mengajar sesuai dengan kemampuannya. Program mengajar PPL ini yaitu mengajar kesetaraan paket B sebanyak 3 kali, mengajar kesetaraan paket C sebanyak 3 kali, mengajar PAUD sebanyak 1 kali dan mengajar ketrampilan sebanyak 1 kali.
Pelaksanaan PPL yaitu terdiri dari persiapan yang terdiri dari persiapan di kampus seperti pembekalan PPL dan micro teaching serta persiapan di lapangan yang terdiri dari observasi lapangan, rumusan program, pembuatan RPP/ RKH, persiapan pra program dan pembelajaran. Setelah persiapan, maka langkah selanjutnya yaitu pelaksanaan program dan yang terakhir yaitu evaluasi.Hasil dari pengamatan selama PPL yaitu Metode dan pendekatan yang digunakan untuk PPL dengan sasaran yang berbeda-beda, berbeda-beda pula metode dan pendekatan yang digunakan, Anak PAUD dalam hal ini siswa-siswa TPA menggunakan metode dan pendekatan dengan bermain sambil belajar, Metode yang digunakan untuk warga belajar orang dewasa dalam hal ini warga belajar paket C,B serta peserta pelatihan pembuatan pom-pom yaitu student center, Setiap peserta didik atau warga belajar memiliki karakteristik yang berbeda dalam minat, kebutuhan dan kemauan belajar.Tri Astuti Tri Astuti