Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:43:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-05T03:30:12Z2019-01-29T18:24:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9950This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/99502013-02-05T03:30:12ZPENGEMBANGAN MODUL LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK SISWA KELAS IX SMP N 5 WATES
PENGEMBANGAN MODUL LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL
UNTUK SISWA KELAS IX SMP N 5 WATES
Oleh
Tri Widiyani
NIM. 07104244010
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul layanan bimbingan pribadi tentang kecerdasan emosional yang layak untuk siswa kelas IX SMP N 5 Wates.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dan menggunakan strategi pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang melalui 9 tahapan. Produk yang dikembangkan di dalamnya terdiri dari : 1) Arti kecerdasan emosional, 2) aspek-aspek kecerdasan emosional dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional, 3) ciri-ciri kecerdasan emosional, 4) Cara mengendalikan dan mengarahkan emosi. Validasi ahli meliputi 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 1 orang ahli bimbingan dan konseling. Subjek uji coba adalah siswa kelas IX SMP N 5 Wates, 16 siswa untuk uji coba lapangan, 32 siswa untuk uji coba pelaksanaan lapangan dan pemilihan subjek dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis isi pada data kualitatif serta analisis deskriptif terhadap data kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian pengembangan menyimpulkan bahwa modul layanan bimbingan pribadi tentang kecerdasan emosional untuk siswa kelas IX SMP N 5 Wates dapat dikategorikan layak digunakan sebagai media pendukung dalam pelaksanaan layanan bimbingan pribadi tentang kecerdasan emosional. Penilaian kelayakan modul berdasarkan validasi ahli materi dapat dikatakan “sangat baik” dengan persentase 86,96%, ahli media dapat dikatakan “sangat baik” dengan persentase 89,29% serta ahli bimbingan konseling juga dapat dikatakan “sangat baik” dengan persentase 91,07%. Kemudian penilaian kualitas produk hasil uji coba lapangan dapat dikatakan “sangat baik” dengan rata-rata persentase 80,12% dan uji coba pelaksanaan lapangan dapat dikatakan “sangat baik” dengan rata-rata persentase 82,77%.
Kata kunci: modul layanan bimbingan pribadi, kecerdasan emosional, siswa kelas IX
Widiyani Tri