Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:31:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-24T01:29:55Z2019-01-30T09:16:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33175This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/331752016-05-24T01:29:55ZPENGARUH LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI SE-PROVINSI DIYPENGARUH LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI SE-PROVINSI DIY
Oleh
Tri Utami
10520241010
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh lomba kompetensi siswa terhadap motivasi belajar siswa SMK bidang teknologi informasi se-Provinsi DIY; (2) mengetahui pengaruh lomba kompetensi siswa terhadap peningkatan kompetensi siswa SMK bidang teknologi informasi se-Provinsi DIY. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK yang mengikuti lomba kompetensi siswa di bidang teknologi informasi yang terdiri dari bidang Information Technology, Web Design, Animasi, Desain Grafis Teknologi dan Software Application se-Provinsi DIY sebanyak 133 siswa. Ukuran sampel sebanyak 35 anak ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh lomba kompetensi siswa terhadap motivasi belajar siswa SMK bidang teknologi informasi se-Provinsi DIY ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,482 ( > ttabel = 2,040) pada signifikansi 5%; (2) Terdapat pengaruh lomba kompetensi siswa (LKS) terhadap peningkatan kompetensi siswa SMK bidang teknologi informasi se-Provinsi DIY ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4,159 ( > ttabel = 2,040) pada signifikansi 5%.
Kata kunci: Lomba Kompetensi Siswa, Motivasi Belajar, dan Peningkatan Kompetensi SiswaUtami Tri2015-10-16T01:33:01Z2019-01-30T03:59:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27001This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/270012015-10-16T01:33:01ZSUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MOVING CLASS DI SMK MUHAMMADIYAH 1
BANTUL YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik kepala
sekolah yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut
dalam pelaksanaan pembelajaran moving class di SMK Muhammadiyah 1 Bantul
Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
sumber data utama kepala sekolah dan guru mata pelajaran sebagai informan
pendukung. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, serta
didukung dengan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan menggunakan model interaksi dari Milles dan Michael
Huberman yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data
display), dan penarikan kesimpulan (conclusing drawing/verivication).
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian di SMK Muhammadiyah 1
Bantul adalah sebagai berikut: (1) pada kegiatan perencanaan, kepala sekolah
melakukan koordinasi dan memberikan pengarahan kepada tim yang telah
dibentuk untuk melakukan penyusunan kurikulum, silabus, program tahunan,
program semester, dan Rencana Program Pengajaran, (2) kegiatan pelaksanaan
supervisi akademik berupa kunjungan kelas yang dilakukan kepala sekolah
maupun wakil kepala bagian kurikulum, (3) kegiatan evaluasi berupa pemantauan
kegiatan ujian dan pengolahan nilai hasil ujian, (4) kegiatan tindak lanjut berupa
pembinaan kepada guru melalui berbagai kegiatan seperti rapat koordinasi,
seminar, workshop, maupun Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).Utami Tri-2015-04-06T02:06:26Z2019-01-29T19:37:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14240This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/142402015-04-06T02:06:26ZPENERAPAN METODE PROYEK PADA PEMBELAJARAN TK KELOMPOK B DI SEKOLAH GAJAHWONG, KOMUNITAS LEDHOK TIMOHO, MUJA-MUJU, UMBULHARJO, YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode proyek pada pembelajaran TK kelompok B di Sekolah Gajahwong Yogyakarta.
Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan metode proyek pada TK kelompok B, di sekolah Gajahwong Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dicoding menjadi CW (catatan wawancara), CL (catatan lapangan), dan CD (catatan dokumentasi). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanmetode proyek pada pembelajaran TK kelompok B di sekolah Gajahwong meliputi (1) fase kerja metode proyek yaitu : Fase 1 (Persiapan atau Memulai Proyek) meliputi pemilihan tema, webbing awal, dan kegiatan entry point; fase 2 (Mengembangkan Proyek) meliputi menggali informasi melalui buku, film, wawancara dengan guru tamu, dan trip serta merencanakan proyek akhir yang akan dibuat; Fase 3 (Penutup atau Menyelesaikan Proyek) meliputi pembuatan proyek, pameran, dan evaluasi melalui kegiatan webbing akhir dan kegiatan exit point; (2) faktor pendukung, faktor penghambat, dan cara mengatasi hambatan; (3) laporan perkembangan anak meliputi : kognitif, fisik motorik, bahasa, sosial emosional, dan moral.
Kata kunci : metode proyek, pembelajaran TK, TK kelompok BUtami Tri2012-12-07T00:58:32Z2020-09-24T04:13:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8499This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84992012-12-07T00:58:32ZINFERENSI DALAM WACANA SPANDUK DAN BALIHO BERBAHASA
JAWA DI YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud tuturan dalam wacana
spanduk dan baliho (WSB) berbahasa Jawa di Yogyakarta, mendeskripsikan
fungsi tuturan dalam WSB berbahasa Jawa di Yogyakarta. Selain itu bertujuan
untuk mendeskripsikan jenis inferensi dalam WSB berbahasa Jawa di Yogyakarta.
Wujud tuturan, fungsi tuturan, dan jenis inferensi perlu dideskripsikan agar
menjadi lebih jelas.
Data penelitian ini berupa kalimat atau tuturan yang terdapat dalam WSB
berbahasa Jawa di Yogyakarta yang diambil pada bulan Januari dan Februari
2011, sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu WSB berbahasa Jawa di
Yogyakarta pada bulan Januari dan Februari 2011. Data diperoleh dengan teknik
pengamatan, pemotretan, dan pencatatan. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis secara deskriptif, yakni mendeskripsikan wujud tuturan, fungsi tuturan,
dan jenis inferensi dalam WSB berbahasa Jawa di Yogyakarta. Keabsahan data
diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan yaitu
validitas semantis kontekstual dan pertimbangan ahli, sedangkan reliabilitas
diperoleh dengan cara membaca dan mengkaji berulang-ulang pada obyek kajian,
yaitu wujud tuturan, fungsi tuturan, dan jenis inferensi dalam WSB berbahasa
Jawa di Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tuturan yang terdapat dalam
WSB berbahasa Jawa di Yogyakarta yaitu berupa (a) kalimat berita, (b) kalimat
perintah, dan (c) kalimat tanya. Fungsi tuturan yang terdapat dalam WSB
berbahasa Jawa di Yogyakarta meliputi (a) fungsi informatif, (b) fungsi direktif,
(c) fungsi ekspresif, (d) fungsi komisif, dan (e) fungsi puitik. Jenis inferensi yang
terdapat dalam WSB berbahasa Jawa di Yogyakarta dilihat dari jenis tindak
tuturnya yaitu (a) inferensi langsung dan (b) inferensi tak langsung.Utami Tri