Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:59:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-06T00:43:25Z2019-01-29T19:27:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13961This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/139612015-04-06T00:43:25ZMENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN KULWARU KULONPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas IV SDN Kulwaru Kulon.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus tindakan terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kulwaru Kulon dengan jumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dan hasil observasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kulwaru Kulon. Meningkatnya pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kulwaru Kulon dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa yang pada tahap awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 42,
85% dengan nilai rata-rata 67, 42 kemudian pada siklus I sebesar 61, 53% dengan nilai rata-rata 78, 46 selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 85, 71% dengan nilai rata-rata 82, 92.
Kata kunci: pemahaman konsep, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, quantum teachingUntari Tri