Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:58:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-09-04T16:26:31Z2012-09-04T16:26:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4975This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49752012-09-04T16:26:31ZEVALUASI SATUAN PELAJARAN GURU PENDIDIKAN
JASMANI SMU NEGERI SE KABUPATEN SLEMANPenelitian tentang evaluasi pembuatan rencana pembelajaran
dalam bentuk Satuan Pelajaran ini dimaksudkan untuk memperoleh
gambaran yang nyata dari guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran,
trienentuntukan organisasi dan materi pembelajaran, eara menggunakan
media- dan sumber belajar yang tepat, cara menyusun rencana
pembelajaran, cara menyusun pengelolaan kelas sesuai dengan kegiatan
yang diajarkan, prosedur penilaian dalam mata pelajaran Pendidikan
Jasmani.
Metode dalam Penelitian ini menggunakan metode evaluatif
.Populasinya adalah guru-guru Pendidikan Jasmani SMU se Kabupaten
Sleman. Sebanyak 17 orang guru dari 24 guru yang ada . Pengambilan
sampel dengan cara purporsif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah APKG I dalam APRP (Alat Penilaian Rencana
Pembelajaran) dan analisis data ini meggunakan Chi Kuadrat
Hasil analisis dengan APRP menunjukan bahwa dari 17 guru
diperoleh skor total 671, rata~rata dari skor total 39,471 dan nilai total
1118,557 dan rata-rata nilai total 65,797. Hasil persentase butir katagori
baik :29,40 %, eukup :55,70%,kurang:14,52% dan tidak muneul: 8,66%.
Hasil analisis komponen menunjukkan bahwa komponen A (Rumusan
tujuan) dan komponen F (Rancangan evaluasi) tidak signifikan ,yang
artinya bahwa dalam merumuskan tujuan maupun dalam rancangan
evaluasi tidak menggambarkan suatu proses dalam rancangan strategi
pembelajaran,sehingga hasilnya tidak sesuai dengan apa yang
diharapkan. Komponen B (Penentuan dan organisasi materi), Komponen
C (Rancangan strategi pembelajaran). Komponen D (Rancangan
pengelola-an kelas) menunjukkan bahwa hasilnya signifikan,yang artinya
bahwa dalam komponen B, C dan D sesuai dengan rambu-rambu yang
ada dan menggambarkan rencana pembelajaran yang baik, sehingga hasil
yang dicapai ada kesesuaian dengan hasil yang diharapkan.Subekti Tri