Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:32:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-06T03:13:29Z2019-01-30T07:12:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30693This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/306932016-04-06T03:13:29ZPENGEMBANGAN ROBOT LENGAN LENTUR SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR PEMAHAMAN PRINSIP
DASAR SISTEM KONTROL DI SMK N 2 PENGASIHPENGEMBANGAN ROBOT LENGAN LENTUR SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR PEMAHAMAN PRINSIP
DASAR SISTEM KONTROL DI SMK N 2 PENGASIH
Oleh :
Tri Hartono
13501247007
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan model robot yang tepat
sebagai media pembelajaran untuk kompetensi dasar prinsip dasar sistem
kontrol, (2) mengetahui kelayakan robot lengan lentur sebagai media
pembelajaran untuk kompetensi dasar pemahaman prinsip dasar sistem kontrol,
mengetahui respon penilaian siswa terhadap robot lengan lentur sebagai
media pembelajaran untuk kompetensi dasar pemahaman prinsip dasar sistem
kontrol.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and
development). Model pengembangan produk mengadaptasi model
pengembangan ADDIE yang yang dikembangkan oleh Lee & Owens (2004)
terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan
implementasi (development and implementation), dan (4) evaluasi
evaluation). Untuk mengetahui tingkat kelayakan robot lengan lentur sebagai
media pembelajaran dengan menganalisis data yang diperoleh dari uji kelayakan
oleh 2 ahli media, 2 ahli materi, data hasil penilai uji coba kelompok kecil, dan
data hasil uji coba lapangan yang melibatkan 32 siswa kelas XI Teknik
Elektronika Industri SMK N 2 Pengasih. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis data deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) berupa produk robot lengan lentur yang tepat
digunakan dalam mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol; (2) Kelayakan
robot lengan lentur dinilai berdasarkan penilaian oleh ahli media diperoleh skor
66,50 dari 80,00 atau termasuk dalam kategori “sangat layak”, dan penilaian ahli
materi diperoleh skor 71,50 dari 76,00 atau termasuk dalam kategori “sangat
layak”; (3) sedangkan dari respon penilaian 6 siswa diketahui bahwa 83% siswa
pada uji coba kelompok kecil menyatakan produk dalam kategori “layak”, dan
penilaian 32 siswa 66% siswa pada uji coba lapangan menyatakan produk
termasuk dalam kategori “layak”.
Kata Kunci: robot lengan lentur, media pembelajaran, elektronika industri,
pemahaman prinsip dasar sistem kontrolHartono Tri