Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:44:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-07-11T03:10:23Z2019-01-29T18:44:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10592This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/105922013-07-11T03:10:23Z“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN
BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
KELAS XI PELAJARAN WEB DESAIN
DI SMK NEGERI 1 NGAWEN ”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektivitas
metode pembelajaran brainstorming dibanding metode pembelajaran TCL yang
digunakan pada pelajaran web desain ditinjau dari hasil belajar siswa kelas XI Jurusan
TKJ SMK Negeri 1 Ngawen.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental The
Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda
sebanyak 37 soal. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan TKJ dan kelas
yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI TI C dan XI TI B. Analisis data
untuk menguji hasil penelitian menggunakan deskriptif, normalitas, homogenitas, dan
independent samples t-test.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan efektivitas metode
pembelajaran brainstorming dibanding metode pembelajaran TCL yang digunakan pada
pelajaran web desain ditinjau dari hasil belajar siswa kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri
1 Ngawen; hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-hitung = 4,037 dan ditetapkan oleh
peneliti t-tabel = 1,990, diperoleh t-hitung > t-tabel (4,037 > 1,990) menunjukan kedua
kelompok data berbeda secara signifikan. Efektivitas metode pembelajaran brainstorming
lebih tinggi dibanding metode pembelajaran TCL yang digunakan pada pelajaran web
desain ditinjau dari hasil belajar siswa kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Ngawen; hal
ini dibuktikan dari perhitungan hasil belajar siswa (nilai gain), dimana mean gain kelas
eksperimen = 0,5531 dan mean gain kelas kontrol = 0,3669, diperoleh mean gain kelas
eksperimen > mean gain kelas kontrol (0,5531 > 0,3669) menunjukan adanya
peningkatan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran brainstorming lebih tinggi
dibanding metode pembelajaran TCL.
Kata Kunci : Brainstorming, TCL (Teacher Centered Learning), Hasil BelajarSetyawan Tomy