Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:19:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-08T06:15:29Z2019-10-01T11:41:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51668This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/516682017-08-08T06:15:29ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 15JULI – 15 SEPTEMBER 2016
SMP NEGERI 1 PATUKUniversitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu lembaga perguruan
tinggi yang menyiapkan tenaga pendidik profesional. Salah satu program yang
diadakan oleh UNY adalah kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL).
Kegiatan PPL menuntut mahasiswa untuk bisa berkreasi dalam penerapan
ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar di Universitas Negeri
Yogyakarta dan kemudian dikembangkan dalam kegiatan kependidikan
sebagai pendidik. Pada saat PPL, mahasiswa diberikan kesempatan untuk
mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik
dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan.
Kegiatan PPL ini terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan antara
lain mengajar teori dan praktik di sekolah. Dalam kegiatan mengajar perlu
dilakukan berbagai persiapan diantaranya adalah pembuatan administrasi
guru, silabus, RPP, media pembelajaran dan lain-lain. Dalam praktik
mengajar mahasiswa progran studi Pendidikan Bahasa Jawa, diberi
kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas VII-F, VIII- B,VIII-A,
IX-A dan IX-E dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar
yang berbeda-beda karena masing-masing kelas memiliki karakter yang
tidaklah sama, sehingga diharapkan pengalaman dan wawasan yang
diperoleh mahasiswa akan semakin luas. Dalam praktiknya, mahasiswa
mengajar mata pelajaran Bahasa Jawa dengan alokasi waktu 2 x 40 menit
ditiap-tiap kelasnya.
Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman
nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang
mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan
bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan
yang muncul, saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin
komunikasi yang baik antara semua pihak yang berkaitan, misalnya dengan
Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berada di SMP Negeri 1 Patuk.
Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2016 dapat berjalan lancar.
Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2016 ini tidak terlepas dari
adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, mahasiswa, serta siswa
SMP Negeri 1 Patuk. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi
oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan
meningkatkan kerjasama dengan SMP Negeri 1 Patuk, supaya PPL di masa
mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat
bagi pengembangan sekolah, siswa, dan mahasiswa praktikan itu sendiri.Tiva Kurnia Putri Indah Cahyani Tiva Kurnia Putri Indah Cahyani