Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:51:03ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-12T08:00:42Z2019-01-30T07:18:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30915This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/309152016-04-12T08:00:42ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
PEMBELAJARAN TARI GAMBYONG PAREANOM UNTUK
SISWA SMPPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia
interaktif tari Gambyong Pareanom untuk pembelajaran tari di SMP yang
tervalidasi oleh ahli materi, ahli media pembelajaran, dan siswa calon pengguna
dalam mengatasi permasalahan media pembelajaran seni tari.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap
pertama studi pendahuluan, meliputi analisis kebutuhan dan studi literal; tahap
kedua pengembangan produk media pembelajaran, meliputi pembuatan desain
materi pembelajaran, meliputi pembuatan flowchart, membuat storyboard,
pengumpulan bahan pendukung, produksi media pembelajaran, dan pengemasan
produk; ketiga uji coba produk. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah Wenti
Nuryani, M.Pd. sebagai ahli media pembelajaran, Dra. Hartiwi sebagai ahli materi
pembelajaran, dan siswa seni tari kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo. Kualitas
media pembelajaran yang dikembangkan dinilai berdasarkan respon kuesioner
yang diberikan kepada subjek ujicoba. Data tersebut kemudian diubah dalam
bentuk skor standar seratus. Media pembelajaran dinyatakan layak apabila skor
rata-rata akhir minimal 70. Maka, apabila skor rata-rata akhir kurang dari 70 maka
media pembelajaran tersebut dinyatakan kurang layak.
Hasil penelitian menunjukan data sebagi berikut. Hasil evaluasi ahli materi
pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 87,5; aspek
materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 90; dan aspek pembelajaran memiliki
skor rata-rata hasil sebesar 85 maka ketiganya termasuk kategori layak. Hasil
evaluasi ahli media pada aspek tampilan memiliki skor rata-rata hasil sebesar 86
dan aspek pemrograman memiliki skor rata-rata hasil sebesar 92,5 maka keduanya
termasuk kategori layak. Hasil uji coba lapangan terbatas dengan subjek uji coba
sebanyak 5 orang pada aspek tampilan memiliki skor rata-rata hasil sebesar 90;
aspek materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 92,5; dan aspek pembelajaran
memiliki skor rata-rata hasil sebesar 92,5 maka semuanya termasuk kategori
layak. Hasil uji coba lapangan utama dengan subjek uji coba sebanyak 20 orang
pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 87,75; aspek
materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 89; dan aspek pembelajaran memiliki
skor rata-rata hasil sebesar 88,5 maka semuanya termasuk kategori layak.
Berdasarkan analisis hasil evaluasi ahli materi dan ahli media, serta uji coba
lapangan terbatas dan lapangan utama dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif media
pembelajaran seni tari di SMP.Titi Titi Nugraheni Rahayupletik_entik@yahoo.com