Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:51:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-13T01:27:13Z2019-01-30T11:19:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42289This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/422892016-10-13T01:27:13ZPENINGKATAN KOMPETENSI PELAYANAN PRIMA MELALUI PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK SISWA KELAS X
DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN YOGYAKARTAPENINGKATAN KOMPETENSI PELAYANAN PRIMA MELALUI PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK SISWA KELAS X
DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA
Titi Wiranti
NIM. 11513242001
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah megetahui 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa
dalam peningkatan kompetensi pelayanan prima kelas X; 2) keaktifan belajar siswa kelas
X dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam peningkatan
kompetensi pelayanan prima.; 3) peningkatan kompetensi pelayanan prima melalui model
pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk siswa kelas X .
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan
Taggart dengan tiga tahapan yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Tindakan dan
Pengamatan, (3) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK
Muhammadiyah Berbah yang berjumlah 21 siswa dengan subjek penelitian ditentukan
berdasarkan teknik purposive sampling, objek penelitian ini adalah peningkatan
kompetensi memberikan bantuan kepada pelanggan internal dan eksternal. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan
kepada judgement expert dan uji reliabilitas dengan rumus alfa Cronbach. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kompetensi pelayanan prima yang
dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa (b)
menyajikan informasi, (c) mengorganisasikan siswa dalam kelompok kooperatif , (d)
diskusi kelompok, (e) evaluasi dan (f) memberikan penghargaan; hasil yang dicapai pada
pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 72,4% pembelajaran terlaksana dengan baik dan
meningkat pada siklus II menjadi 96,65% pembelajaran terlaksana dengan sangat baik 2)
Aktivitas belajar siswa tercapai dalam kategori aktif yaitu terdapat 17 siswa (80,95%)
tergolong aktif dan 4 siswa (19,05%) tergolong cukup aktif; 3) Kompetensi belajar siswa
mengalami peningkatan sebesar 14%, terbukti 21 siswa (100%) tergolong tuntas dan dari
nilai rata-rata yang dicapai siklus I 70,67 dan meningkat menjadi 79,62 pada siklus II;
Dengan demikian kompetensi belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran
kooperatif tipe TAI terbukti. Artinya melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada
kompetensi memberikan bantuan kepada pelanggan internal dan eksternal dapat tercapai
sesuai kriteria KKM 70.
Kata Kunci : Kompetensi, memberikan bantuan kepada pelanggan internal dan eksternal,
model pembelajaran kooperatif tipe TAIWiranti Titi