Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:31:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-01-04T03:28:44Z2019-01-30T05:53:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28997This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/289972016-01-04T03:28:44ZPARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER DI TK NEGERI PEMBINA KALINEGORO DAN
TK ABA IV JAYAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat
dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler di TK Negeri Pembina Kalinegoro
dan TK ABA IV Jayan Borobudur Kabupaten Magelang ditinjau dari: 1) bentukbentuk
partisipasi masyarakat; dan, 2) proses partisipasi masyarakat dalam
pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di TK N Pembina Kalinegoro dan TK ABA IV Jayan
Borobudur Kabupaten Magelang. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah
wali murid/orang tua siswa sebanyak 7 orang, kepala TK 1 orang dan guru
sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi
dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam
pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari: 1) bentuk partisipasi masyarakat
yang mencakup sumbangan pembiayaan melalui sumbangan wajib dan
sumbangan sukarela, tenaga fisik melalui kepengurusan sub komite, anggota
panitia kegiatan dan pendampingan siswa, material berupa kelengkapan alat
pentas dan lomba dari orang tua siswa TK ABA IV Jayan dan material bangunan
untuk perbaikan gedung dari orang tua siswa TK N Pembina, dan moral melalui
komunikasi, motivasi, teguran dan penyebaran informasi. 2) proses partisipasi
masyarakat yang ada terdiri dari perencanaan melalui sumbangan ide dan tidak
melibatkan peran orang tua di dalamnya, pelaksanaan melalui proses
pendampingan kegiatan berlangsung dan kegiatan perlombaan, monitoring dan
evaluasi dilakukan di akhir kegiatan perlombaan dan selama proses kegiatan
berlangsung. Evaluasi dilakukan oleh guru dan pengurus/sub komite.Dewi Tika Nur’Aini-