Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:26:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-29T00:53:07Z2019-10-01T14:49:40Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52567This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/525672017-08-29T00:53:07ZLAPORAN INDIVIDU
KULIAH KERJA NYATA DAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (KKN - PPL)
DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTAKuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta dan bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan pendidikan yang dikuasainya kedalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini adalah masyarakat sekolah. PPL memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan professional. SMA Negeri 3 Yogyakarta merupakan salah satu lingkungan pendidikan yang menjadi salah satu tujuan kegiatan PPL mahasiswa UNY. SMA Negeri 3 Yogyakarta merupakan sekolah yang berlokasi di Kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta.
Perencanaan KKN-PPL tentu tidak lepas dari program-pogram yang diharapkan dapat membantu pelaksanaan KKN-PPL. Program tersebut berupa program kegiatan pembelajaran, antara lain; apenyusunan RPP, membuat media pembelajaran, mempersiapkan pembelajaran, praktik mengajar di kelas dan mengevaluasi hasil belajar. Kegiatan inti PPL berupa praktik mengajar di kelas. Praktik mengajar mencakup kegiatan pendahuluan atau apersepsi, penyampaian materi dan penutup. Hambatan dalam pelaksanaan praktik mengajar lebih mengarah pada masalah penentuan activity yang sesuai dengan materi dan menarik bagi siswa. Metode pembelajaran dengan menggunakan media seperti video dan gambar ternyata sangat membantu dalam proses pembelajaran sehingga perhatian siswa terhadap materi pelajaran menjadi lebih fokus dan terarah.
Secara garis besar hasil praktek mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan dinilai cukup, dengan menggunakan media yang mendukung. Pengalaman ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa calon guru yang dapat meningkatkan serta mengembangkan potensi diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai proses menjadikan mahasiswa sebagai guru atau pendidik yang profesional.Tiara Rizki Nastitijati Tiara Rizki Nastitijati