Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:09:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-20T01:08:14Z2019-10-01T11:41:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50014This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/500142017-06-20T01:08:14ZKEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA
15 JULI 2016 – 15 SEPTEMBER 2016Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa
untuk mempraktekan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di
perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk
mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan
bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan
PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses
pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai
bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan
keterampilan yang digunakan sebgai tenaga pendidik.
Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas
Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada
lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah
SMA Negeri 11 Yogyakarta, yang dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 hingga
15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas
selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai dengan jadwal yang
sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat
dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan
pengajaran kelas sebanyak 14 kali dalam satu kelas, sedangkan kelas yang diajar
sebanyak 1 kelas yaitu kelas X IPS 1. Selain mengajar sendiri, praktikan juga
mengajar dengan sistem team teaching dengan teman satu jurusan di kelas XI IPS
2 sebanyak 8 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas
antara lain scientific, problem based learning, think pair share, ceramah, tanya
jawab dan pemberian tugas. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan
beberapa media, antara lain power point, gambar, video dan artikel. Selama proses
pembelajaran praktikan juga mengalami beberapa hambatan seperti peserta didik
yang terlalu ramai. Namun semua itu dapat praktikan kendalikan dengan baik
sehingga tidak terlalu memperngaruhi kegiatan PPL.
Adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pengalaman dan gambaran
nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya
kerjasama, kerja kerasa dan disiplin akan sangat mendukung teraksananya
program-program PPL dengan suskes. Dengan terlesesaikannya kegiatan PPL ini
diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitTeriana Mardha Hidayat Teriana Mardha Hidayat