Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:12:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-22T00:27:07Z2015-05-22T00:27:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19050This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/190502015-05-22T00:27:07ZSTAD METHOD TO IMPROVE LEARNING MOTIVATION AND OUTCOMES IN MECHANICAL ENGINEERING BASIC KNOWLEDGE AT SMKN 1 PURWOREJOAbstract
Cooperative learning methods of Student Teams Achievement Division (STAD) was implemented in Mechanical Engineering Basic Knowledge (PDTM) subject at SMKN 1 Purworejo to improve learning motivation and outcomes. This classroom action research was conducted in two cycles on 32 students of class X TPA. The instrument was questionnaire, test booklet, and worksheets. The motivation data obtained by questionnaires, analyzed by a Likert scale and then categorized based on each indicator. While, learning outcomes data obtained by test and then compared to determine the effect size as a learning advancement criterion. The result shows that learning motivation increased on each indicator. Learning outcomes improvement in PDTM subject shown on average score of 5,98 in first cycle increased to 7,40 in the second cycle. Implement effect of STAD also can be seen from the effect size that is classified in the very high category at 2,24.
Keywords: Student Teams Achievement Division, Learning motivation dan outcomes, Mechanical engineering basic knowledgeWidodo Teguhteguh_hebat@yahoo.com2013-01-30T06:18:08Z2019-01-29T18:11:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9567This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/95672013-01-30T06:18:08ZPENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR PKn MELALUI MODEL
PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN METODE DISKUSI
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI REJOWINANGUN III
KOTAGEDE YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan model Problem
Solving menggunakan metode diskusi untuk meningkatkan kemandirian belajar 2)
Mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan yang terjadi pada siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan
model Problem Solving menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Rejowinangun III
Kotagede Yogyakarta pada bulan maret – April 2012. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara
peneliti dan guru kelas V serta dibantu oleh observer pada setiap pertemuan. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun III Kotagede
Yogyakarta yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus.
Masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan, 2X 35 menit. Instrument dalam
penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1. Penerapan
model Problem Solving menggunakan metode diskusi dapat berjalan seperti yang
telah direncanakan yaitu a) Siklus I siswa mengerjakan Lembar Kerja Kelompok
(LKK) dengan diskusi melakukan kegiatan analisis di lingkungan sekolah, kemudian
siswa mencari solusi dan memecahkan masalah tersebut. b) Silus II siswa berdiskusi
untuk memecahkan permasalahan dengan mencari sumber di buku c) Siklus III siswa
berdiskusi untuk memecahkan permasalahan dengan mencari sumber di surat kabar.
2. Peningkatan kemandirian belajar siswa ditandai dengan peningkatan presentase.
Peningkatan kemandirian belajar siswa mencapai 22,79% dari siklus I sampai siklus
III, antara lain meningkatnya aspek motivasi, disiplin, inisiatif, percaya diri dan
tanggung jawab siswa.Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi siswa menjadi
lebih aktif di dalam proses pembelajaran, siswa mampu memahami suatu materi
melalui kegiatan pemecahan masalah melalui berdiskusi dengan berkelompok, siswa
juga lebih berani mengungkapkan pendapat atau idenya.
Kata Kunci : kemandirian belajar, model problem solving, metode diskusiWidodo Teguh 2012-08-07T23:58:27Z2012-08-07T23:58:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3091This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30912012-08-07T23:58:27ZPROSES PEMBUATAN PENAHAN DAN DUDUKAN PADA MESIN PILIN BESI SPIRALWidodo Teguh