Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:05:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-13T06:33:31Z2013-02-13T06:33:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10111This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/101112013-02-13T06:33:31ZEKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PECAHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWATujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran STAD menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi pecahan, (2) apakah motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi pecahan, (3) apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pecahan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kutoarjo yang berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian berjumlah 94 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket dengan skala Likert. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel tak Sama. Uji analisis variansi menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi pecahan, motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi pecahan, tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung kecamatan Kutoarjo pada materi pecahan.
Kata kunci: model pembelajaran STAD, motivasi belajar, dan prestasi belajar.Astuti Widiwidiastuti906@ymail.comWibowo Teguhteguhwibowoump@yahoo.comPurwoko Riawan Yudiriawan_yudi@yahoo.co.id2012-12-10T06:27:35Z2012-12-10T06:27:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8525This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85252012-12-10T06:27:35ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N SE-KECAMATAN BANYUURIP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran E-learning memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, (2) apakah motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, (3) apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N se-Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo.yang berjumlah 768 siswa. Sampel penelitian berjumlah 61 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket dengan skala Likert, Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel tak Sama. Uji analisis variansi memberikan hasil bahwa model pembelajaran E-learning memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, tetapi motivasi belajar sedang tidak memberikan hasil belajar yang lebih baik dari motivasi belajar rendah pada materi kubus dan balok, serta tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok.
Kata kunci: Model E-learning, Motivasi Belajar, Hasil BelajarRahmawati Nurina Kurniasarinurinakr@gmail.comWibowo Teguhteguhwibowoump@yahoo.comKurniasih Nilakurniasih.nila@yahoo.co.id